Sabtu, 21 Januari 2017

Sayembara Penulisan Biografi Mini Tokoh-Tokoh Indonesia Tingkat Nasional GRATIS


Sayembara Penulisan Biografi Mini Tokoh-Tokoh Indonesia Tingkat Nasional dari  Gerakan Menulis Buku Indonesia (@GMB_Indonesia) bersama Sabda Perubahan (@SabdaPerubahan)

Para tokoh patut mendapat apresiasi dari kita, bangsa Indonesia. Dan kita sebagai bangsa, patut untuk mengingatnya, mempelajari apa yang telah dilakukannya, bahkan mencoba melakukan juga hal-hal besar yang telah mereka lakukan untuk bangsa. Maka, event Sayembara Penulisan Biografi Mini Tokoh-Tokoh Indonesia Tingkat Nasional yang diinisiasi oleh Gerakan Menulis Buku Indonesia bersama @SabdaPerubahan ini, digelar dengan tujuan untuk memberi apresiasi bagi tokoh-tokoh itu, serta dapat juga dijadikan sumber inspirasi, catatan kecil, serta penyulut antusiasme perubahan bagi peserta dan pembaca pada umumnya. Maka, gagasan untuk menyusun ENSIKLOPEDIA MINI: TOKOH-TOKOH INDONESIA DULU-KINI-NANTI adalah cara untuk menyalur-kobarkan api semangat kepada seluruh bangsa Indonesia. Mari bersama, mari berupaya, dan mari berkarya: tuk Nyalakan Masadepan!

TEMA

  1. Tokoh Sejarah Indonesia (Tokoh-tokoh yang telah meninggal atau kelahiran sebelum 1946)
  2. Tokoh Indonesia Hari Ini (Tokoh-tokoh kelahiran 1946-1990)
  3. Tokoh Muda Indonesia (Tokoh-tokoh kelahiran 1991-2005)


HADIAH

  1. Juara I : Uang Pembinaan, Plakat Penghargaan, Piagam Penghargaan, Kaos Tokoh Eksklusif, Tulisan dimuat di Majalah Garisbawah
  2. Juara II : Plakat Penghargaan, Piagam Penghargaan, Kaos Tokoh Eksklusif, Paket Buku
  3. Juara III : Plakat Penghargaan, Piagam Penghargaan, Kaos Tokoh Eksklusif
  4. 100 Karya Terbaik akan mendapatkan E-Piagam Penghargaan dan diterbitkan menjadi buku ENSIKLOPEDIA MINI: TOKOH-TOKOH INDONESIA DULU-KINI-NANTI
  5. Seluruh royalti hasil penjualan buku nantinya akan didonasikan ke program Semangat Sejuta Buku: Untuk Indonesiaku.


KETENTUAN UMUM

  1. Peserta merupakan WNI di manapun berada, tanpa batasan usia. Sepakat dan memiliki keyakinan yang kuat: bahwa Indonesia masih bisa dibangkit-majukan.
  2. Sayembara ini bersifat GRATIS. 
  3. Peserta diwajibkan mem-follow akun Instagram @SabdaPerubahan dan @GMB_Indonesia guna memudahkan informasi perkembangan lomba.
  4. Peserta disarankan menyebar-luaskan sayembara ini dengan me-repost atau membagikan postingan, guna menyemarakkan kegiatan ini.
  5. Deadline pengiriman karya pada tanggal 15 Februari 2017. 
  6. Pengumuman dilakukan pada bulan 28 Februari 2017, melalui akun instagram @SabdaPerubahan, @GMB_Indonesia, dan website www.gmb-indonesia.com
  7. Hak publikasi naskah ada pada panitia dan hak cipta tetap pada penulis.


KETENTUAN NASKAH

  1. Biografi ditulis dengan 3 tema di atas. 
  2. Tulisan wajib mengangkat citra positif guna dijadikan sumber inspirasi bagi pembaca.
  3. Peserta diperbolehkan mengirimkan 3 karya dengan tema yang berbeda (1 karya, 1 tema)
  4. Panjang naskah 2-4 halaman A4. (Minimal 2halaman, maksimal 4 halaman)
  5. Naskah diberi judul yang menarik, dan disertai gambar/foto.
  6. Foto, kutipan atau referensi informasi yang diambil dari internet atau buku, wajib disertai sumbernya.
  7. Naskah dan Biodata Diri dalam bentuk narasi disertai kontak HP/WA yang bisa dihubungi, dikirim dalam bentuk lampiran ke email lomba@gmb-indonesia.com 
  8. Subjek email : PENYALA – Nomor Tema - Judul – Nama Penulis.
    Contoh: PENYALA – 1 – Gus Dur: Sang Semar Penjaga Pancasila – Annisa Dwi Rahmawati
  9. Dalam rangka mengalirkan sungai inspirasi sederas-derasnya, Peserta diharapkan (tidak wajib) memposting foto tokoh biografi yang ditulis disertai caption yang menarik. Sertakan hastag #ParaPenyalaIndonesia#GerakanMenulisBukuIndonesia dan #SabdaPerubahan. Kami akan merepost foto dengan caption yang menarik. Untuk 2 Postingan Terbaik, berhak mendapatkan Kaos Tokoh Eksklusif.

Website: www.gmb-indonesia.com
Email: lomba@gmb-indonesia.com


EmoticonEmoticon