Rabu, 01 Februari 2017

Lomba Menulis Cerpen, Puisi, dan Artikel 2017 dari Aria Pustaka (Gratis)

Informasi lomba yang akan dibgaikan dalam kesempatan kali ini adalah lomba menulis, khusunya lomba menulis cerpen, lomba menulis puisi, dan lomba menulis artikel tahun 2017. Lomba menulis ini diselenggarakan oleh Aria Pustaka.

Adapun tema yang diangkat dalam lomba adalah sebagai berikut;
Kesepian
Deadline lomba dimulai pada tanggal 1 Februari sampai dengan tanggal 1 Maret 2017

Keterangan Tema Sepi

Suasana sepi, perasaan yang sepi, kehidupan yang sepi, suasana rumah yang sepi karena harus berpisah dengan orang yang dikasihi, panggilan kerja yang sepi, merasa kesepian di tengah keramaian, atau kejadian-kejadian lain yang dapat menimbulkan rasa kesepian tersebut. Dari sekelumit kisah sehari-hari, tentunya banyak kesan yang membekas di benak kita berkaitan dengan tema di atas, bukan?

Kami menantang kamu untuk membuat perumpamaan kisah yang kemudian dituangkan ke dalam bentuk cerpen, atau mengungkapkan curahan hati yang kemudian dituangkan ke dalam bentuk puisi, atau berbagi tips dan trik dan segala aspek hal berkaitan kesepian dalam bentuk artikel.

Syarat Umum Lomba Menulis Cerpen, Puisi, dan Artikel 2017 dari Aria Pustaka (Gratis)

  1. Lomba ini terbuka untuk umum dan bersifat gratis.
  2. Berteman dengan akun Facebook Aria Pustaka II (link: https://www.facebook.com/aria.pustaka )
  3. Share informasi lomba ini dan tag minimal 20 orang teman (usahakan teman yang menyukai dunia literasi), lalu cantumkan tagar #AriaPustakaWrittingProject pada caption/status.
  4. Naskah merupakan karya orisinil hasil sendiri, bukan jiplakan atau plagiasi.
  5. Naskah tidak menyinggung SARA, Pornografi, Kekerasan, dan LGBT.
  6. Naskah belum pernah dipublikasikan dalam media apapun dan tidak sedang diikutsertakan dalam lomba lain. Serta tidak boleh dipublish sebelum lomba ini berakhir.

Syarat Khusus Lomba Menulis Cerpen, Puisi, dan Artikel 2017 dari Aria Pustaka (Gratis)

  1. Peserta dalam lomba wajib untuk bergabung bersama Kami di Grup Facebook: "Komunitas Aria Pustaka" (link: https://www.facebook.com/groups/1220747614648493?ref=bookmarks)

Ketentuan Lomba Menulis Artikel 2017

  • Naskah diketik rapi pada Ms. Word menggunakan Bahasa Indonesia sesuai EYD, dengan ukuran kertas A4, Font Times New Roman, size 12pt, spasi 1,5, Margin Normal, dan Justify.
  • Panjang naskah 500-700 kata, dengan biodata narasi maksimal 100 kata di akhir naskah (total maksimal 800 kata)
  • Boleh menyertakan 1 (satu) gambar/foto sebagai pendukung artikel (disimpan di halaman berikutnya)
  • Peserta harus memastjkan segala hak cipta dan kekayaan intelektual yang diambil adalah orisinil dari ide dan pemikiran sendiri. Jika ada sumber sebagai referensi, cantumkan sumbernya di akhir naskah (di belakang biodata)
  • Simpan naskah dalam format .doc/.docx dengab nama file: Artikel_Sepi_Nama Penulis_Judul Artikel
    Contoh: Artikel_Sepi_Fuji Hartati_5 Hal Yang Membuatmu Merasa Kesepian

Ketentuan Lomba Puisi 2017

  • Puisi diketik rapi menggunakan Ms. Word dengan ukuran kertas A4, Font Times New Roman, size 12pt, spasi 1,5, Margin Normal, dan Justify
  • Urutan isi naskah (dari atas ke bawah): Judul puisi, Nama Puisi, Naskah Puisi, Titimangsa.
  • Panjang naskah puisi maksimal 1 (satu) halaman, dengan biodata narasi maksimal 50 kata di akhir naskah (di halaman dua)
  • Simpan naskah dalam format .doc/.docx dengan nama file: Puisi_Sepi_Nama Penulis_Judul Puisi
    Contoh:
    Puisi_Sepi_Ajisai Chan_Alunan Rasa Kesepian

Ketentuan Lomba Cerpen 2017

  • Naskah diketik rapi menggunakan Ms. Word dengan ukuran kertas A4, Font Times New Roman, size 12pt, spasi 1,5, Margin Normal, dan Justify
  • Panjang naskah maksimal 5 halaman, dengan biodata narasi maksimal 100 kata di akhir naskah (dalam halaman terpisah namun tetap satu file yang sama, jadi total 6 halaman)
  • Simpan naskah dalam format .doc/.docx dengan nama file: Cerpen_Sepi_Muhamad Budiman_Sepi Tanpamu

Pengiriman Naskah dalam Lomba Menulis Cerpen, Puisi, dan Artikel 2017 dari Aria Pustaka (Gratis)

  • Naskah dikirim ke alamat e-mail: eventariapustaka@gmail.com melalui attachment (lampiran) dengan subjek yang sama seperti nama file. (Bukan ditulis ulang di badan email)
  • Naskah yang sudah dikirimkan tidak boleh direvisi dan dikirim secara berulang kali. Kami akan konfirmasikan jika naskah sudah masuk (1x24 jam dari waktu pengiriman)
  • Konfirmasi kepada akun FB Aria Pustaka II (jika kamu sudah mengirimkan naskah namun belum mendapatkan balasan setelah 24 jam dari waktu pengiriman) dengan menyebutkan nama file/subjek e-mailmu.

Hadiah Lomba Menulis Cerpen, Puisi, dan Artikel 2017 dari Aria Pustaka (Gratis)

  • Juara 1 untuk setiap kategori akan mendapatkan: 1 eks bukti terbit + 1 eks buku hasil event sebelumnya bertema "Refleksi" (menyesuaikan kategori yang dijuarai) + sertifikat cetak (ongkir ditanggung Aria Pustaka)
  • Juara 2 dan 3 untuk setiap kategori akan mendapatkan: 1 eks bukti terbit (ongkir ditanggung pemenang) + sertifikat cetak (jika setuju untuk klaim hadiah)
  • Seluruh kontributor terpilih akan mendapatkan e-sertifikat. (Jika membeli bukunya pada PO Pertama, akan mendapatkan potongan harga 10% dan sertifikat cetak)

Timeline Lomba Menulis Cerpen, Puisi, dan Artikel 2017 dari Aria Pustaka (Gratis)

1 Februari s.d. 1 Maret 2017: Periode Event
1 Maret 2017 pukul 23:59 WIB: Deadline Event
15 Maret 2017: Pengumuman Pemenang

Untuk informasi dan tanya jawab mengenai informasi lomba bisa hubungi Inbox FB Aria Pustaka II atau kepada masing-masing PJ Kategori Lomba via Facebook.

10 komentar

maaf numpang nanya. ini lombanya beneran kan ?

Kalo tidak punya akun facebook tetep nggk boleh ikutan ya min ?

Maksudnya biodata narasi itu apa, kak?

Ini lombanya tipu2 nggak? Soalnya dulu pernah ikutan juga lomba kayak gini, ketentuannya sama, harus ngetag ke temen facebook, tp ternyata dr oktober 2016 sampe sekarang tetep nggak berkabar. Alias belum diumumin pemenangnya

Narasi biodata itu. Identitas diri sprt biodata tp dlam bntuk narasi ditulisnya. Atau bntuk paragraf

Kak mau nanya. Bedanya judul dan nama puisi itu apa? dan titimangsa itu maksudnya apa ya?

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

insya allah beneran kok kak, jika lomba yang di posting di website ini penipuan silahkan lapor ke admin, Nanti andmin hapus deh kak

wahh mau ikutan,, kelewat deadline nya ga yah yah,, apa masih berlaku akhir bulan s/d April? mohon info jika masih ada


EmoticonEmoticon