Rabu, 01 Februari 2017

Waspada Penipuan!, Bagi Para Penangung Jawab (PJ) Lomba Atau Kegiatan Lainnya

Penipuan, barangkali menjadi istilah yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Banyak modus penipuan yang beredar. Modus-modus penipuan tersebut pada umumnya mengatas namakan sesuatu lembaga atau mengatasnamakan pribadi.

Tak sedikit orang yang pernah mengalami penipuan. Begitupula dengan mereka yang pernah menjadi penanggung jawab lomba atau agenda lainnya. Mereka yang pernah para PJ Lomba yang mengalami penipuan karena menyantumkan nomor pribadi, seperti nomor henphone, atau alamat media sosial lainnya.
 
Penipuan model seperti ini banyak dillakukan. Misalnya admin @informasilomba kemarin mendapat sebuah kabar kurang menggembirakan, alias kabar tersebut adalah penipuan. Para penipu memanfaatkan nomor henphone yang ada dalam agenda atau lomba yang telah diselenggarakan, kemudian mereka meminta pulsa dengan terlebih mengaku sebagai temannya.
 
Kejadian ini dengan mudah penipu ketahui, sebab selain ada 2 sampai 3 lebih seseorang yang menyantumkan nomor henphonenya dalam suatu event tertentu. Misalnya saja begini;
 
Rara dan Rere (Menjadi PJ Lomba)
 
Ketika menjadi PJ Lomba ada ada penipua (namanya otong). Otong mengaku menjadi rara dengan nomor baru untuk kemudian meminta pulsa atau meminta kiriman uang dan lainnya kepada rere. Otong mengetahu bahwa rere kenal akrab dengan rara karena otong melihat dalam media sosialnya.
 
Begitulah seterusnya, kejadian tak cukup disitu. Kadang ada yang sampai meminta transfer uang karena ada kabar bahwa pihak yang memegang uang mengaku sebagai Rektor atau Dekan yang ada di Kampus, jika yang ada disekolahan mengaku sebagai Kepalda Sekolah.
 
Dari ulasan sederhan tersebut, dapat dikatakan bahwa model penipuan seperti ini. Memiliki ciri-ciri sebagai berikut;
 
Ciri-Ciri Penipuan dalam Lomba
 
  • Meminta pulsa atau kiriman uang dengan nomor henphone atau nomor rekening yang tidak dikenal.
  • Meminta bantuan, biasanya memintanya buru-buru. Penting, medesak, dan alasan-alasan yang lain.
  • Meminta jumlah yang tidak wajar, biasanya sampai ratusan ribu bahkan ada yang sampai jutaan.
Cara Mengindari Penipuan untuk PJ Lomba
  • Waspadai ketika ada nomor henphone yang meminta sesuatu bantuan, kecauli terkait dengan kegiatan lomba yang diselnggarakan.
  • Waspadai ketika meminta bantuan berupa uang atau pulsa.
  • Lakukan hubungan dengan teman sama-sama sebagai PJ lomba melalui media sosial lain, mislalnya watshaap atau line.
Sebagai bukti bahwa seseorang pelajar atau mahasiswa sangat rawan dengan penipuan ketika menjadi PJ lomba, berikut kiriman dari pembaca website lomba. Yang melaoprkan kegiatan penipuan yang pernah di alami, meski tidak sempat mengalami penipuan, tapi yang pasti dari sekian banyak orang yang sadar ditupu dan tidak. Lebih banyak yang ketipu. Oleh karenanya admin @informasilomba akan memberikan bukti sceanshot daripada percakapatan, antara penipua dan juga para PJ Lomba.
Demikianlah untuk sedikit laporan dari pembaca tentang adanya resiko menjadi PJ lomba yang selalu menyertakan nomor henphone yang sifatnya pribadi. Meskipun begitu teruslah waspada karena setiap kejahatan memang selalu ada. Meski, ini bukan informasi mengenai lomba, tapi hal ini penting untuk admin posting. Alasannya dengan begini akan banyak pihak yang terselamatkan. Semoga!,

Oh iya, bagi kamu yang ingin belajar Karya tulis Ilmiah. Silahkan beli E-Book ini dengan bonus 8 Ebook Karya Tulis Ilmiah. Segara pesan, dan pelajari dari sekarang untuk kemudian bisa menang mengikuti segala perlombaan karya tulis yangpaling sering di adakan oleh berabagai Lembaga Pendidikan, Organisasi Kemahasiswaan, dan Juga Lembaga Pemerintahan.


Beli E-BOOK PANDUAN JUARA KARYA TULIS. klik DISINI



EmoticonEmoticon