Minggu, 21 Mei 2017

11 Cara Menjadi Juara dalam Anekaragam Lomba

Cara Menjadi Juara dalam Anekaragam Lomba




Cara Juara Lomba- Ini bukanlah gladi bersih,tidak ada yang namanya setengah-setengah.Hidup harus melakukan segalanya sepenuh hati,sekuat tenaga,dan bersungguh-sungguh.Karena pada akhirnya,seseorang akan mendapatkan sesuai dengan yang dia berikan.Jika kita memberikan sesuatu yang maksimal,maka hasilnya juga akan maksimal.

Kemudian perhatikan ini,ketika kita terbiasa melakukan sesuatu,maka itu akan menjadi suatu kebiasaan.Jika itu sudah biasa dilakukan maka akan terasa sulit untuk ditinggalkan.karena itulah selalu lakukan kebiasaan yang baik

Dan memberikan segenap kemampuan kita sampai maksimal merupakan kebiasaan terbaik .Jika kita terbiasa melakukannya,sampai tua nanti,kita akan terus melakukannya bahkan akan mengajarkannya jika kita bisa.Percaya atau tidak,itulah jalan kesuksesan kebanyakan orang besar.

Salah satu jalan kesuksesan adalah dengan mengikuti lomba-lomba, olimpiade dan lainnya.Tapi yang jadi masalah  kita tidak hanya berpacu kepada suatu karya yang akan kita buat,tetapi  kita sangat  mematokkan terlebih dahulu apa hadiahnya? .Itu merupakan suatu pemikiran atau kebiasaan yang buruk. Apakah anda yakin,anda akan sukses dengan anda berpacu pikiran kepada hadihnya,saya rasa itu tidak

Yang harus pertama kali anda pikirkan adalah sukseskah aku jika aku berhasil pada perlombaan ini ?  jika tidak saya sarankan  untuk mengikuti event lainnya Dan bila mana anda ragu dalam mengikuti suatu perlombaan,saya punya beberapa cara atau langkah-lagkah  agar anda bisa menjadi seorang  juara.

Cara Menjadi Juara dalam Lomba



Punya niat,tekad serta kemauan yang tinngi

Segala sesuatu yang di dasari oleh niat,tekad serta kemauan yakinlah sesuatu tersebut tidak akan  berhenti di tengah jalan.Karena apa,jika kata kamu ingin, maka segala sesuatu akan kamu lakukan secara logis untuk mendapatkannya.bahkan ada yang tak logis, banyak kita jumpai di indonesia maupun dunia.Untuk mengapai keinginanya suatu perkara yang tidak masuk akal bahkan mistis sekalipun mereka lakukan agar keinginannaya tercapai.Tapi kebanyakan dengan mereka menggunakan cara yang tak logis tersebut hidup selalu gundah gelisah,itu konkrit nyatanya.Sesekalipun jangan anda lukukan hal yang serupa.

Berdoa

Hal ini juga tak kalah penting. Seperti kata pepatah, do your best and let God do the rest. Setelah berusaha semaksimal mungkin, hal lainnya yang wajib dilakukan adalah berdoa.Serahkan segalanya ke dalam genggaman tanganNya yang agung. Yakinlah, segala yang terbaik telah dipersiapkan untuk kita.

Percaya diri sobat

“Kesalahan terbesar yang bisa dilakukan manusia adalah terus menerus memiliki rasa takut bahwa mereka akan membuat kesalahan” -Elbest hubbard

Terkadang, melihat para saingan yang datang dengan penampilan dan persiapan yang mantap dapat membuat kita merasa kurang percaya diri. Hal ini harus dibuang jauh-jauh, sebab ketidakpercayaan diri ini akan sangat merugikan kita. Merasa ragu terhadap diri sendiri itu manusiawi, tapi jangan sampai rasa ragu tersebut menghambat kita meraih kemenangan.

Fokus kepada satu atau beberapa perlombaan saja

Fokus pada satu lomba atau beberapa lomba sangatlah perlu untuk dilakukan, mengingat meski kita mengetahui banyak info lomba .jikalau tidak fokus pada satu
lomba itu adalah percuma. Mengapa begitu?, alasannya karena konkrit dalam suatu perlombaan banyak yang harus dilakukan baik dari segi persiapan maupun kegiatan

Tingkatkan wawasan serta keterampilan dalam bekerja dan berpikir.

“Selesaikan apa yang sudah kamu mulai” - Namarappuccino

Orang yang berhasil meraih prestasi itu adalah orang ahli di suatu bidang. Untuk
menjadi ahli di suatu bidang perlu belajar terus menerus. Tingkatkan pengetahuan di
bidang anda. Untuk meningkatkan pengetahuan bisa dengan membaca buku, mengikuti seminar, kursus, dan masih banyak lagi. Dengan memiliki keahlian dibidang anda, anda akan memiliki kelebihan dibanding dengan yang lain. Sehingga mudah bagi anda untuk meraih prestasi.

Atur jadwal berlatih atau belajar

Untuk menguasai materi perlombaan dengan baik,diperlukan latihan yang intens. Jadi bukan hanya sekedar datang, latihan, dan menerima materi saja,tetapi juga memahami materi yang diberikan. Latihan ini sangat penting, mengingat pada saat latihan, akan ada banyak hal baru yang kita ketahui, sehingga akan lebih baik bila dilakukan seintens mungkin dengan materi latihan yang jelas.

Menguasai materi lomba dengan jelas

Ini merupakan salah satu trik terpenting yang wajib dikuasai oleh para kontestan perlombaan. Selain agar usaha kita mengikuti perlombaan tersebut tidak sia-sia dan

berakhir dengan kekalahan, menguasai materi perlombaan dengan baik juga dapat menambah pengetahuan kita tentang hal-hal tertentu.Penguasaan materi juga sangat penting karena banyak hal saat perlombaan yang dapat terjadi di luar ekspektasi kita, sehingga akan jauh lebih baik bila kita telah memahami materi perlombaan dengan baik sebelumnya.

Jangan gengsi bertanya dan minta argumen kepada yang berpengalaman.
Seperti kata pepatah “malu bertanya sesat di jalan”  saling tukar pengalaman merupakan suatu kebiasaan yang baik juga,ini juga bisa membawa kita menjadi seorang juara.Karena kita sudah tau spesifikasi dalam lomba itu apa saja.Dengan mudahnya nanti kita mengikuti langkah-langkah maupun persyaratan lomba tersebut.

“Dia yang bertanya,terlihat bodoh dalam lima menit.Dia yang tidak bertanya,akan bodoh selamanya.” -Pepatah cina

Berguru dengan orang yang lebih berpengalaman akan sangat menguntungkan bagi kita, karena mereka memiliki pengalaman dan pengetahuan yang lebih dari kita, atau setidaknya, kita dapat bertukar pengalaman dari mereka.Percayalah, takkan ada yang merugi dengan saling bertukar ilmu dan pengalaman.

Berlatih dari awal-awal

Persiapan yang dilakukan sejak jauh-jauh hari tentu akan lebih baik hasilnya dibandingkan dengan persiapan yang dilakukan dalam waktu singkat dan tergesa-gesa.Begitupun dengan persiapan menjelang perlombaan. Lebih banyak waktu yang digunakan untuk mempersiapkan perlombaan tersebut, niscaya akan lebih baik pula hasilnya,asalkan persiapan tersebut dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Jangan takut akan sainganSebenarnya, para lawan kita sama dengan kita. Mereka juga bersaing untuk merebut kemenangan. Mereka juga melakukan persiapan seperti kita, meskipun kita tidak tahu bagaimana mereka melakukan persiapan. Jadi, apa yang perlu dicemaskan? Toh, kita dan mereka sama saja. Samasama berusaha untuk menjadi pemenang.

Bersikap baik dalam lomba
Hal ini memang tak mempengaruhi penilaian juri, namun bersikap baik kepada semua orang nyatanya dapat meningkatkan respon orang lain kepada kita, sekaligus meningkatkan percaya diri kita menghadapi perlombaan.Tak ada salahnya, bukan, bersikap baik kepada orang lain?

Demikian beberapa cara menjadi juara dalam perlombaan 2017 dan tahun mendatang nanti yang berdasarkan pengalaman penulis dan teman temannya serta orang-orang berpangelaman lebih. Kuncinya hanya dua, yaitu berusaha dan berdoa. Yakinlah, hasil tidak akan mengkhianati usaha. Selamat berjuang, ya!.

Baca Juga Artikel Cara Juara Lomba Terkait;
  1. 7+ [Cara Juara] dengan Rumus “BEGAL TAKSI”
  2. Juara Olimpiade Fisika Sampai Menjadi Teater “Pernah Aku Alami” [Inspirasi]
  3. 23+ Cara Menjadi Juara Kelas [Lengkap dan Mudah]
  4. 9 Cara Menulis Karya Tulis Ilmiah Hingga Menjadi Juara [Lengkap]


EmoticonEmoticon