Jumat, 12 Mei 2017

5+ [Cara] Berprestasi Dengan Mengetahui Potensi Diri

5 Cara Berprestasi Dengan Mengetahui Potensi Diri

Oleh: Muhammad Khairun Nasikhin

Setiap orang menginginkan  kelebihan dalam bidang prestasi. Setiap orang pasti memiliki potensi untuk berprestasi, terkadang seseorang tidak bisa berprestasi dikarenakan tidak mengetahui potensi terbesar dalam dirinya, bagaimana seseorang dapat berprestasi jika tidak mengetahui apa potensi yang ada pada dirinya sendiri? nah, jika ingin mengetahui potensi diri di artikel ini saya selaku penulis akan memberikan sedikit cara atau tips mengenal potensi diri untuk berprestasi sehingga bakat yang seharusnya ter eksplore itu bisa muncul. untuk dapat berprestasi kita harus mengetahui di mana potensi kita agar berprestasi dengan cara :

Cara Berprestasi Dengan Mengetahui Potensi Diri


Mengetahui Minat dan Bakat
Sangatlah penting seseorang mengetahui minat dan bakat yang dimilikinya, suatu minat itu harus selalu di iringi dengan bakat yang di miliki untuk mengetahui potensi diri yang di miliki.

Mengasah Diri dengan Berbagai Latihan Sesuai Bakat
Setelah mengetahui minat dan bakat yang dimiliki seseorang harus mengasah potensi tersebut melalui latihan-latihan sehingga dapat meningkatkan kualitas potensi diri yang di miliki.

Percaya Diri
Percaya diri sangatlah penting. Tanpa percaya diri seseorang tidak akan eksis dan maju, percaya diri merupakan kunci utama kesuksesan seseorang dalam mengambil keputusan ingin jauh lebih maju dari sebelumnya bagaimana ingin berprestasi jika tidak percaya diri dengan potensi yang dimiliki. Jadi, percaya diri disini ialah hal yang sangat penting dalam pencapaian prestasi.

Mengikuti Event atau Lomba Untuk Menguji Kemampuan yang Dimiliki
Memiliki potensi terkadang tidak hanya cukup  bangga dengan apa yang telah di capai tetkadang potensi itu harus di eksplore. Seperti mengikuti lomba-lomba sehingga dapat mengukur sampai mana potensi yang di miliki. Baca Juga:  12 [Cara] Juara Lomba Menulis Cerpen, No 5 Penting!

Lomba adalah suatu wadah untuk menunjukan bakat kita dengan bakat orang lain yang sejauh mana kualitas diri kita seperti lomba pencak silat, basket, bulu tangkis, olimpiade sains, karya tulis ilmiah, dan event/lomba lainnya. 

Selalu Mengevaluasi Diri
 
Menilai diri sendiri itu sangat penting dalam mengevaluasi diri diri kita dapat membangun pola pikir dan mengetahui seberapa besar potensi kita mengalami kemajuan.

Semoga tips berprestasi dengan mengetahui potensi diri ini bermanfaat bagi pembacanya sehingga dapat melihat jati dirinya masing-masing dalam upaya berprestasi.

Baca Juga Artikel Cara Juara Lainnya;
  1. 23+ Cara Menjadi Juara Kelas [Lengkap dan Mudah]
  2. 9 [Cara] Juara 1 Lomba Cipta dan Baca Puisi 
  3. [Fakta atau Mitos] Tuan Rumah Penyelenggara Lomba Selalu Menjadi Juara 
  4. Cara Juara Lomba Apapaun


EmoticonEmoticon