Senin, 29 Mei 2017

7 [Cara] Mendapatkan IP diatas 3,00, Yang Terakhir Penting!

7 Strategi/Cara Mendapatkan IP diatas 3,00




IP (Indeks Prestasi) merupakan nilai kumulatif dari semua mata kuliah yang diajarkan. IP mempunyai rentang dari 0-4. Nilai 4 berarti nilai sempurna di mana semua nilai mata kuliah kamu mendapatkan “A”. Mendapatkan IP yang baik pada saat kuliah bisa dibilang susah susah gampang.

Mungkin banyak orang bertanya, buat apa IP harus bagus? Atau ada yang lebih ekstrem lagi, buat apa IP bagus toh sukses juga bukan berasal dari IP? Memang sukses bukan hanya dari IP tetapi juga dari usaha dan doa. Namun, IP sedikit mempermudah kita dalam mencari pekerjaan nantinya.

Pada saat melamar pekerjaan, kita akan disuguhkan persyaratan IP >3,00 dan bagi yang dibawah 3,00 siap-siap tidak lulus seleksi administrasi. Kenapa harus 3,00? Nilai 3,00 merupakan nilai standar. Nilai ini biasanya diberikan kepada mahasiswa yang mengerjakan tugas tepat waktu dan jarang membolos. Perusahaan tidak mau ambil resiko dengan menerima pekerja yang tidak bertanggung jawab dan tidak bisa mematuhi deadline. Persyaratan yang diberi perusahaan memang 3,00.

Baca Juga: [Cara] Mendapatkan Beasiswa Bidikmisi [Awal-Akhir] Lengkap

Namun, jika kita bisa memberi lebih dari 3,00 kenapa tidak? Setidaknya kita sudah melampaui apa yang diharapkan perusahaan dari kita. Saya sendiri penulis dalam artikel "7 [Cara] Mendapatkan IP diatas 3,00"  mendapat nilai IP 3,75 dengan menggunakan beberapa strategi yang menurut saya boleh dicoba.

Berikut barangkali beberapa strategi atau cara yang dapat digunakan agar mendapatkan IP baik atau minaimlanya IP di atas 3.


Cara Mendapatkan IP diatas 3,00 Berdasarkan Pengalaman




Datang Tepat Waktu

Dosen sangat suka pada mahasiswa yang datang tepat waktu. Usahakan katakan “TIDAK” pada membolos. Jika memang sakit atau tidak bisa mengikuti kuliah, gunakan surat izin untuk menghilangkan pandangan negatif dosen pada kamu.

Kerjakan Tugas dengan Maksimal

Dengan maksimal disini berarti jangan sampai melebihi deadline dan tugas yang kamu kerjakan harus berkualitas secara isinya. Jika kamu masih bingung tentang tugas yang diberikan, kamu bisa bertanya kepada dosen tentang tugas tersebut.

Aktif di Kelas

Aktif di kelas disini bukan hanya bertanya masalah yang tidak dimengerti pada dosen tetapi juga berdiskusi dengan dosen tentang topik yang diajarkan. Berdiskusi dengan dosen berarti memberi argumen terhadap suatu materi yang dijelaskan. Jika tanggapan dan pertanyaanmu menarik, ini akan memberi nilai plus kamu di mata dosen.

Belajar Secara Kelompok

Belajar sendirian memang bagi beberapa orang lebih baik, namun belajar berkelompok tidak ada salahnya untuk dicoba. Dengan belajar kelompok, kamu mungkin akan mendapat masukan dari temanmu tentang sesuatu hal yang tidak terpikirkan sama sekali. Selain itu, belajar kelompok juga akan meningkatkan kehidupan sosial kamu dengan belajar mengenal teman kamu satu sama lain.

Banyak Membaca.

Seperti kata pepatah, banyak membaca banyak ilmu. Membaca menjadi kebutuhan wajib bagi pelajar dari berbagai tingkatan. Buku merupakan jendela ilmu dan baiknya, buku yang kamu baca bukan hanya tentang bidang yang kamu geluti sewaktu kamu kuliah. Walaupun buku tentang bidang kamu bisa kamu utamakan, tetapi buku lainnya bisa kamu baca untuk memperluas pengetahuan dan cara pandang kamu.

Bersikap Sopan

Dosen juga manusia yang pastinya ingin dihormati. Selain kepintaran, etika jangan dianggap sepele. TIDAK ADA NILAI YANG BENAR BENAR OBYEKTIF. Jadi walaupun kamu paling pintar dikelas, jangan anggap remeh masalah perilaku atau etika. Jika kamu pintar, tetapi sopan santunmu kurang bahkan buruk, dosen tidak segan segan memberi nilai buruk. Dosen akan lebih menyukai mahasiswa yang mengerti sopan santun walaupun nilai mahasiswanya pas pasan. Sopan santun dapat ditunjukkan melalui hal hal kecil seperti bersalaman dan menyapa ketika bertemu.

Berambisi Boleh Tetapi Tidak Boleh Terlalu
Manusia boleh berkehendak namun semua tetap di tangan Tuhan. Setelah berusaha sekeras mungkin, ada saatnya melonggarkan ikat pinggang sejenak. Jika kamu sudah merasa melakukan semuanya dengan baik, jangan terlalu ambil pusing dengan segala usahamu. Sedikit berbagi, saya dulu hanya memiliki niat agar IP saya diatas 3,00.

Saya tidak terlalu berambisi mendapat nilai diatas 3,00. Tetapi dengan usaha saya, ternyata Tuhan memberi sangat lebih. Jika terlalu berambisi, yang ditakutkan adalah  kita akan terlalu terbebani dan jika target kita tidak tercapai akan menjadi beban bagi kita sendiri. Ingat, Tuhan tidak pernah tidur dan usaha tidak akan mengkhianati hasil.

Demikianlah tulisan mengenai 7 [Cara] Mendapatkan IP diatas 3,00 yang telah dibagikan oleh Mery Cristina. Semoga bisa membantu segenap pembaca untuk berpretasi kedepannya. Trimakasih banyak, silahkan baca juga artikel lainnya;
  1. 23+ Cara Menjadi Juara Kelas [Lengkap dan Mudah]
  2. 9 [Cara] Juara 1 Lomba Cipta dan Baca Puisi
  3. [Fakta atau Mitos] Tuan Rumah Penyelenggara Lomba Selalu Menjadi Juara


EmoticonEmoticon