Sabtu, 13 Mei 2017

8+ [Cara] Lomba Agar Bisa Menjadi Juara, No 2 Wajib Dilakukan!

Cara Lomba Agar Bisa Menjadi Juara

Oleh: Imelda Rani


‘Jimat’nya Apa, Sih? Kok, Dia Menang Lomba Terus?
 
Umumnya, sebagian dari kita memutuskan untuk berpartisipasi dalam suatu perlombaan dengan tujuan ingin menambah pengalaman. Namun, tentu akan lebih menyenangkan lagi jika kita dapat memenangkan perlombaan tersebut.

Pengalaman memanglah penting, namun sertifikat juara yang berhasil dibawa pulang tentulah sangat membanggakan, baik sertifikat lomba menulis, lomba debat, lomba pidato, lomba desan, dan lain sebagainya.


Bahkan untuk sebagian besar orang, termasuk penulis sendiri, juga menerapkan ‘trik khusus’ agar dapat membawa pulang sertifikat juara dari perlombaan yang diikutinya. Berikut adalah beberapa trik khusus tersebut :

Cara Lomba Agar Bisa Menjadi Juara


Kuasai materi perlombaan dengan baik
 
Ini merupakan salah satu trik terpenting yang wajib dikuasai oleh para kontestan perlombaan. Selain agar usaha kita mengikuti perlombaan tersebut tidak sia-sia dan berakhir dengan kekalahan, menguasai materi perlombaan dengan baik juga dapat menambah pengetahuan kita tentang hal-hal tertentu.

Penguasaan materi juga sangat penting karena banyak hal saat perlombaan yang dapat terjadi di luar ekspektasi kita, sehingga akan jauh lebih baik bila kita telah memahami materi perlombaan dengan baik sebelumnya.

Menerapkan jadwal/waktu khusus untuk berlatih
 
Untuk menguasai materi perlombaan dengan baik, diperlukan latihan yang intens dan ‘berbobot’. Jadi bukan hanya sekedar datang, latihan, dan menerima materi saja, tetapi juga memahami materi yang diberikan. Latihan ini sangat penting, mengingat pada saat latihan, akan ada banyak hal baru yang kita ketahui, sehingga akan lebih baik bila dilakukan seintens mungkin dengan materi latihan yang jelas.

Hindari ‘sistem kebut semalam’
 
Persiapan yang dilakukan sejak jauh-jauh hari tentu akan lebih baik hasilnya dibandingkan dengan persiapan yang dilakukan dalam waktu singkat dan ‘kebut-kebutan’. Begitupun dengan persiapan menjelang perlombaan. Lebih banyak waktu yang digunakan untuk mempersiapkan perlombaan tersebut, niscaya akan lebih baik pula hasilnya, asalkan persiapan tersebut dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Percaya diri
 
Terkadang, melihat para saingan yang datang dengan penampilan dan persiapan yang mantap dapat membuat kita merasa kurang percaya diri. Hal ini harus dibuang jauh-jauh, sebab ketidakpercayaan diri ini akan sangat merugikan kita. Merasa ragu terhadap diri sendiri itu manusiawi, tapi jangan sampai rasa ragu tersebut menghambat kita meraih kemenangan.

Jangan anggap lawan menyeramkan
 
Sebenarnya, para lawan kita sama dengan kita. Mereka juga bersaing untuk merebut kemenangan. Mereka juga melakukan persiapan seperti kita, meskipun kita tidak tahu bagaimana mereka melakukan persiapan. Jadi, apa yang perlu dicemaskan? Toh, kita dan mereka sama saja. Sama-sama berusaha untuk menjadi pemenang.

Tak sungkan untuk bertanya dan meminta pendapat kepada yang lebih berpengalaman
 
Berguru dengan orang yang lebih berpengalaman akan sangat menguntungkan bagi kita,  karena mereka memiliki pengalaman dan pengetahuan yang lebih dari kita, atau setidaknya, kita dapat bertukar pengalaman dari mereka. Percayalah, takkan ada yang merugi dengan saling bertukar ilmu dan pengalaman.

Berdoa

Hal ini juga tak kalah penting. Seperti kata pepatah, do your best and let God do the rest. Setelah berusaha semaksimal mungkin, hal lainnya yang wajib dilakukan adalah berdoa. Serahkan segalanya ke dalam genggaman tanganNya yang agung. Yakinlah, segala yang terbaik telah dipersiapkan untuk kita.

Bersikap baik sebelum, selama, dan setelah perlombaan
 
Hal ini memang tak mempengaruhi penilaian juri, namun bersikap baik kepada semua orang nyatanya dapat meningkatkan respect orang lain kepada kita, sekaligus meningkatkan percaya diri kita menghadapi perlombaan. Tak ada salahnya, bukan, bersikap baik kepada orang lain?
 
Demikian beberapa tips dan trik khusus memenangkan perlombaan berdasarkan pengalaman penulis. Kuncinya hanya dua, yaitu berusaha dan berdoa. Yakinlah, hasil tidak akan mengkhianati usaha.
Selamat berjuang, ya!.

Baca Juga Tulisan Cara Lomba Lainnya;
  1. 9 + [Cara] Terhindar Lomba Foto Bayi Penipuan, No 4 Wajib Baca!
  2. 7+ Cara [Sederhana] Menjadi Pintar Dan Cerdas Ala Lomba
  3. 9 [Cara] Juara 1 Lomba Cipta dan Baca Puisi
  4. 23+ Cara Menjadi Juara Kelas [Lengkap dan Mudah]


EmoticonEmoticon