Sabtu, 20 Mei 2017

8 Cara Juara Lomba Akademik dan Non Akademik [Lengkap]

8 Cara Juara Lomba Akademik dan Non Akademik



Cara menjadi juara lomba, dalam artikel ini ditulis oleh Andy Prasetyawan, yang membagikan tentang trik dan tips menjadi juara lomba akademik dan non akademik. Lomba akademik sendiri yang dimaksud adalah lomba karya tulis ilmiah, olimpiade, dan lain sebaginya. Sedangkan lomba non-akademik mislanya saja adalah lomba cerpen, lomba main catur, menulis novel, dan lain sebaginya. Berikut tulisan tentang tips menjadi juara tersebut;




Cara Juara Lomba Akademik dan Non Akademik



Hallo pembaca website lomba terbaru, kembali dengan saya yang akan membawakan tips tentang bagaiamana cara menjadi juara dalam lomba ataupun olimpiade. Sebelumnya kalian tahu belum, apa sih yang dinamakan lomba itu?, pengertian lomba adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk menguji kemampuan guna meningkatkan kemampuan. Terdapat banyak jenis lomba namun biasa dikategorikan menjadi dua, yuk simak ulasan dibawah.
 

 Cara Juara Lomba Akademik


 
Persiapan diri yang matang
 
Biasanya orang yang mengikuti lomba dan mendapat juara adalah orang yang selalu berusaha dengan sungguh-sungguh menyiapkan materi yang akan di lombakan, misalnya ketika Olimpiade matematika, untuk mengikuti lomba tersebut kita sebelumnya harus belajar dan memahami materi tersebut.

Penguasaan materi
 
Dalam lomba , penguasaan materi adalah hal yang mendasar . Tentu kita tau sebelum kita menguasai materi kita mungkin tidak akan mengikuti lomba. Penguasaan metri yang baik akan berdampak pada hasil. So, siapkan materi yang akan dilombakan ya guys..

Perbanyak latihan soal
 
Setelah materi terkuasai, biasakanlah perbanayak latihan soal. Karena apa?, latihan soal membantu mereview materi, kadang ada materi yang kurang sempurna penguasaanyya akan menjadi lebih baik ketika rajin mengerjakan soal. Jika sudah terbiasa menegrjakan soal, mental tidak akan down ketika mnedapat soal yang sulit, ini tips yang mendasar dan harus dilakukan ya guys.

Perbanyak pengalaman.
 
Sering mengikuti lomba juga akan menambah peluang menjadi juara, bandingkan saja dengan yang tidak pernah mengikuti lomba. Untuk pertama kalinya mereka pasti akan deg-degan, stress, dan bingung. Dari hal ini membuktikanbahwa yang sering mengikuti lomba akan terbiasa dengan susasan dan akan mempermudah dalam mengerjakan soal.

Membuat komunitas lomba
 
Ketika mengikuti lomba pasti akan mendapat teman baru, dalam hal ini ajak merekaknelana. Selanjutnya ajak mereka share materi dan belajar bareng. Tentu akan mempermudah juga dalam penguasaan materi

Tetap berusaha dan tak kenal menyerah
 
Ketika gagal, bagun dan berdirilah untuk mencoba lagi. Usaha tidak akan membohongi hasil. 

Berdo’a dan bersabarlah
 
Ada petikan dari ayat Suci Al-Qur’an bahwa ” Allah selalu bersama orang-orang yang sabar”. Jadi ketika gagal bero’alah dan bangkit untuk mencoba kembali.
 

Cara Menjadi Juara Lomba Non Akademik



Untuk tips sebenarnya hampir sama namun terdapat tambahan yaitu

Cari pelatih
Semakin banyak berlatih keterampilan yang anda miliki juga akan berkembang. Baik dan buruknyan kualitas pelatih tergantung kemauan dari kita sendiri. Manfaatkan latihan dengan  sebaik-baiknya.

Tetap optimis

Karena lomba skill tidak dapat ditentukan berdasarkan poin seperti halnya olimpiade, Jika gagal tetaplah berjuang dan semangat

Baik , cukup sekian tips-tips dari saya. Semoga bermanfaat ya tulisan mengenai 8 Cara Juara Lomba Akademik dan Non Akademik [Lengkap] ini, yang terpenting adalah melaksanakan tips-tips di atas.Semoga tuhan memberkahi. 

Baca Juga Artikel Cara Juara Lomba Terkait;
  1. 7+ [Cara Juara] dengan Rumus “BEGAL TAKSI”
  2. Juara Olimpiade Fisika Sampai Menjadi Teater “Pernah Aku Alami” [Inspirasi]
  3. 23+ Cara Menjadi Juara Kelas [Lengkap dan Mudah]
  4. 9 Cara Menulis Karya Tulis Ilmiah Hingga Menjadi Juara [Lengkap]


EmoticonEmoticon