Jumat, 12 Mei 2017

12 [Cara] Juara Lomba Menulis Cerpen, No 5 Penting!

12 Cara Juara Lomba Menulis Cerpen, No 5 Penting!


Lomba menulis cerpen barangkali menjadi salah satu jenis perlombaan yang paling banyak diselenggarakan, baik oleh lembaga pemerintahan, seperti kementrian, lembaga mahasiswa, organisasi masyarakat, sampai pada organisasi sekolah.
 
Bahkan tak jarang dalam lomba menulis cerpen juga diselenggarakan oleh penerbit-penerbit terkenal (penerbit mayor), misalnya Gramedia ataupun Bukune, Tiga Serangkai dan lain sebaginya. Oleh karena itulah pentng bagi tulisan ini, membagiakan trik dan tips atau cara bagimana menjadi juara dalam lomba menulis cerpen.


Cara Juara Lomba Menulis Cerpen


Setidaknya adalah 12 cara yang harus dilakukan agar kamu sukses dalam mengikuti lomba cerpen, diantaranya;
 
Kunjungi Penyedia Info Lomba Menulis Cerpen
 
Info sangatlah penting untuk dilakukan bagi seorang yang ingin mengikuti omba cerpen, mengingat informasi akan memberikan gambaran serta ulasannya tentang deadline yang diberikan, dengan mengetahui info tersebut kamu tentusaja bisa mempersiapkan jauh-jauh hari.
 
Fokus pada Satu Lomba Cerpen
 
Fokus pada satu lomba atau beberapa lomba sangatlah perlu untuk dilakukan, mengingat meski kita mengetahui banyak info lomba cerpen kalaupun tidak fokus pada satu lomba itu adalah percumah. Mengapa begitu?, alasannya karena maksimal dalam satu naskah cerpen lebih baik daripada banyak cerpen yang diikuti tapi tidak menjadi juara. Baca: Lomba Cerpen Terbaru
 
Perhatikan Tema atau Sub Tema yang Sesuai dengan Hobi atau Fashion Tulisanmu
 
Fokus pada tema-tema tertentu yang menjadi fashion tulisan kita itu sangatlah penting, hal ini dikeraakan setiap orang punya cirri dan gaya penulisan yang berbeda, jikalau gaya tulisanmu komedi maka carilah info lomba menulis cerpen komedi, pelajari sebaik mungkin atau sebaliknya jikalau tulisanmu bergaya Islami carilah lomba dengan gaya tulisan yang islami, dan lain sebaginya.
 
Baca Berulang-Ulang Syarat dan Ketentuannya
 
Membaca secaa berulang tentang syarat yang diberikan oleh pihak penyelenggara sangatlah perlu, sebab ada beberapa lomba atau beberapa panitia lomba yang tidak menilai jika syarat yang diperlukan tidak memenuhi, misalnya syarat terkecil ialah tulisan huruf, atau ukuran huruf dalam lomba.
 
Mencari Inspirasi
 
Mencari inpirasi dalam setiap tulisan ialah salah satu jalan yang harus dilakukan oleh para peminat lomba cerpen, inspirasi ini bisa datang kapanpun dan dimanapun, oleh karenanya perlu setidaknya dipahami bahwa bagi para penulis segar selalulah membaca buku catatan, hal itu sebagai upaya memperhatikan atau menyimpan inspirasi yang kita dapatkan.
 
Mulailah Menulis Karangan dalam Lomba Cerpen
 
Memulai untuk menulis karangan, bisa dilakukan setelah kamu mendapatkan inpiarsi, beda orang beda cara menulis karangan, ada penulis karangan yang dimulai denga judul terlebih dahulu adapula menulis karangan yang dilakukan isi dahulu. Mana yang lebih baik?, jawabnya tidak pasti, namun yang terpenting karangangan selesai dulu dan dikirim kemudian hari.
 
Sesuaikan Isi Tulisan dengan Tema
 
Menyesukan tulisan dengan tema yang diangkat adalah hal terpenting, mengingat tulisan yang kita kirimkan tentusaja akan menjadi nilai lebih bagi penyelanggara lomba jika sesuai dengan tema yang diangkat.
 
Teruslah Menulis Baru di Edit Kemudian
 
Terus menulis, setelah itu di edit adalah langkah paling jitu jiakalau tulisanmu ingin selesai. Sebab banyak diantara kita menulis karangan cerpen hanya habis soal pengediatan, padahal karya belum selesai, oleh karenanya selesaikan dulu baru di edit kemudian, saran.
 
Hindari Bentuk Plagiarisme
 
Plagiarisme dari karya orang lain sangatlah dilarang, hal ini perlu setidaknya menjadi perhatian. Apalah guna jikalau tulisan yang diikutsertakan dalam lomba cerpen bagus tapi hasil palgiasme hal itu akan percumah, mengapa?. Alasannya karena dewan juri akan segera mencoret atau tidak menilai karya cerpen yang kamu ikutsertakan dalam lomba.
 
Persiapkan Waktu dan Buat Taget
 
Langkah ini bisa dilakukan, bagi siapapun yang mengikuti lomba cerpen untuk memperispakan waktu sebaik mungkin dengan pengiriman tidak mepet deadline lomba, alasannya karena dengan waktu yang lama karya cerpen yang kamu ikutsertakan akan senantiasa lebih baik daripada karya cerpen yang kamu ikutkan dibuat dengan tergesa-gesa.
 
Mencantumkan CV atau Hasil Cerpen yang Telah Kamu Juarai
 
Meski yang terakhir ini adalah tidak dapat digeneralisasikan secara umum, akan tetapi dengan mencantumkan karya cerpen yang telah dibuat tentu menjadi pertimbangan lebih di mata dewan juri, percayalah. Sebab dengan begitu dewan juri akan lebih percaya dan mau membaca hasil karya cerpen yang telah kamu buat.
 
Demikianlah tulisan mengenai 12 [Cara] Juara Lomba Menulis Cerpen. Semoga dengan hadirnya tulisan ini dapat menginpirasi sekaligus memberikan pendoman bagi siapapun yang sedang mencari trik, tips, atau cara menulis cerpen hingga menjadi juara. 

Baca Juga Artikel Cara Juara Lainnya;
  1. 23+ Cara Menjadi Juara Kelas [Lengkap dan Mudah]
  2. 9 [Cara] Juara 1 Lomba Cipta dan Baca Puisi 
  3. [Fakta atau Mitos] Tuan Rumah Penyelenggara Lomba Selalu Menjadi Juara 
  4. Cara Juara Lomba Apapaun


EmoticonEmoticon