Senin, 29 Mei 2017

Cara Juara Lomba Menulis Dengan Rumus PULPEN

Cara Juara Lomba Menulis Dengan Rumus PULPEN



Menulis dan menghasilkan sebuah karya tulis merupakan suatu kegiatan yang dapat dilatih. Semakin sering menulis, maka kamu akan semakin mahir dan bahkan dapat memenangi suatu perlombaan. Selain latihan, menjadi juara sebuah lomba menulis juga memerlukan beberapa trik dan strategi.

Baca Juga: 9 Cara Menulis Karya Tulis Ilmiah Hingga Menjadi Juara [Lengkap]

Setidaknya ada sejumlah langkah-langkah yang terangkum dalam Rumus PULPEN yang dapat menjadi senjata ketika hendak berpartisipasi dalam lomba menulis. Semoga senjata PULPEN ini dapat membantu kamu lebih siap dan terarah.

Cara Juara Lomba Menulis Dengan Rumus PULPEN



Pusatkanlah

Hal pertama yang harus dilakukan apabila berencana mengikuti lomba menulis adalah memusatkan perhatian jenis tulisan yang kamu kuasai. Ada beragam jenis tulisan yang sering dilombakan, antara lain karya tulis ilmiah, esai, cerita pendek, dan adu gagasan. Fokuskan pada salah satu jenis tulisan agar nantinya kamu dapat berkarya dengan maksimal.

Sesudah memilih jenis tulisan, kamu dapat mulai mencari informasi mengenai lomba-lomba yang akan berlangsung beserta dengan batas waktu pengumpulan karyanya. Pusatkan pikiranmu ke tema lomba yang kamu anggap mudah supaya meringankan kamu dalam mengembangkan gagasan penulisan.

Urutkanlah

Setelah kamu mendapatkan daftar lomba yang akan berlangsung, urutkanlah event-event tersebut berdasarkan tujuan kamu. Tentukan apakah kamu termotivasi oleh karena topiknya, level perlombaanya—lokal, nasional, maupun internasional—, atau hadiahnya.

Pada tahap ini, kamu sudah dapat membuat kerangka karangan berupa urutan poin-poin yang akan dijabarkan lebih lanjut dalam karya tulismu. Kerangka dapat dikelompokkan ke dalam tiga bagian besar, yaitu pembuka, isi, dan penutup. Setiap bagian dapat mengandung beberapa poin yang berguna sebagai panduan kamu ketika menulis nanti.

Lihatlah
Banyak hal yang harus dilihat ketika akan menulis, baik dari sisi karya tulis maupun di luar karya tersebut. Dalam sebuah karya tulis, penting untuk memerhatikan tata bahasa, kesinambungan antarbagian, hingga menghindari hal yang berbau SARA. Di luar karya tulis, kamu dapat melihat contoh-contoh tulisan yang sudah ada agar dapat menjadi standar dan panduan ketika menulis. Lihatlah juga berbagai fenomena yang sedang terjadi di masyarakat karena bukan tidak mungkin hal tersebut dapat menjadi inspirasi bagi karyamu.

Pergunakanlah

Pergunakan periode waktu yang ada seefektif dan seefisien mungkin. Apabila ada waktu senggang, kamu dapat memperkaya kerangka penulisanmu supaya ketika menulis nanti kamu tidak banyak mengalami kebingungan karena telah memiliki acuan yang baik. Selain itu, penting juga untuk mengatur waktu istirahat agar tidak merasa penat dan buntu. Manajemen waktu yang baik akan membantu menghasilkan karya yang baik pula.

Eksekusikanlah

Sekarang saatnya untuk menjabarkan ide-ide yang telah terkumpul lebih dalam. Gunakan segala persiapan dan kerangka yang telah dibuat sebelumnya sebagai bekal kamu untuk mengelaborasikan tulisanmu. Barangkali tahap eksekusi ini cukup panjang dan melelahkan, tetapi dengan niat dan motivasi dari dalam diri kamu, niscaya pembuatan karya tulis akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Nyali

Setelah melakukan lima kata kerja di atas, jangan lupa bahwa pada setiap perlombaan dibutuhkan nyali. Milikilah mental juara dengan memupuk rasa percaya diri dan keberanian. Jangan merasa minder karena siapa tahu apa yang menurut kamu kurang bagus ternyata dianggap unik dan menarik ketika penjurian.

Apabila kamu belum berhasil menjadi juara dalam sebuah perlombaan, jangan berkecil hati karena hal tersebut dapat menjadi pembelajaran dan umpan balik bagi kamu untuk berkarya lebih baik lagi di kemudian hari. Adapun penulis dalam "Cara Juara Lomba Menulis Dengan Rumus PULPEN" adalah "William Wijaya", Selamat berlomba!.
Baca Juga Artikel Lainnya;
  1. 7+ [Cara Juara] dengan Rumus “BEGAL TAKSI”
  2. 12 [Cara] Juara Lomba Menulis Cerpen, No 5 Penting!
  3. [Cara] Juara Lomba Pecinta Alam dan Menulis Biografi
  4. 10+ [Cara] Menjadi Desainer dan Memenangkan Lomba


EmoticonEmoticon