Senin, 22 Mei 2017

9 [Cara Juara] Lomba Menulis Fiksi dan Non-Fiksi

9 [Cara Juara] Lomba Menulis Fiksi dan Non-Fiksi



Cara Juara- Lomba menulis  merupakan lomba yang paling sering diselenggrakan baik untuk kalangan pelajar, mahasiswa bahkan umum. Berbagai lomba menulis dapat ditemui, baik secara online mapun secara off-line. Lomba menulis pada dasarnya terbagi atas dua kategori yaitu fiksi dan non-fiksi.


Baca Juga: 9 Cara Menulis Karya Tulis Ilmiah Hingga Menjadi Juara [Lengkap]

Tidak dapat dipungkiri bila setiap peserta lomba menginginkan kemenangan, termasuk lomba menulis. Bagi kalian yang ingin menang dalam lomba menulis, simak tips dan cara juara lomba menulis fiksi dan non-fiksi berikut dijamin tulisan kalian bakalan menang

[Cara Juara] Lomba Menulis Fiksi dan Non-Fiksi



Mengikuti Syarat dan Ketentuan yang Ditetapkan oleh Panitia

Dalam suatu lomba panitia biasanya akan membuat syarat dan ketentuan dari lomba yang diselengggraka baik dari jenis lomba, sasaran lomba, tema, jenis huruf, halaman, spasi dan lain sebagianya. Jadi bagi kalian yang mau ikut lomba harus mematuhi syarat dan ketentuan yang telah dtentukan oleh panitia.

Sesuai dengan Tema

Tulisan yang kalian tulis harus sesuai dengan tema yang ditetapkna oleh panitia pelaksana. Kesesuian ide tulisan dengan tema ini merupakan poin penting yang biasanya di nilai oleh dewan juri. Jika dalam lomba tersebut  terdapat sub tema maka kalian dapat memilih sub tema yang sekiranya menurut kalian mudah dan sesuia dengan minat, bakat agar nantinya bisa menciptakan ide tulisan yang gemilang.  Pemilihan sub tema ini juga dianjurkan memilih yang mungkin menurut kalian jarang dipilih oleh peserta agar kesempatan untuk memenangkan lomba lebih besar.

Keunikan Gagasan

Gagasan yang unik  akan mendapat  perhatian lebih dari dewan juri. Sehingga peserta lomba harus menunjukkan keunikan dari gagasnnya. Keunikan gagasan ini bisa dilihat dari ide yang kreatif, inovatif dan  sederhana, tetapi bisa menyelesaikan permasalahan yang ada dan tentunya bermanfaat untuk orang lain. Keunikan gagasan ini bisa kalian dapat dengan menambah wawasan dari membaca ataupun melihat situasi disekitar kalian. 

Ingat Deadline

Lomba menulis biasanya memiliki batas waktu dari pengiriman sampai pengumuman. Jadi bagi kalian yang ingin menang lomba harus menentukan target mempersipakan waktu sebaik mungkin dengan pengiriman tidak mendekati deadline lomba,karena dengan waktu yang lama tulisan  yang kalian ikut sertakan akan senantiasa lebih baik dari pada tulisan yang kalian ikut  lombakan yang  dibuat dengan tergesa-gesa. Selain itu juga untuk mengantisipasi jaringan yang gangguan jika lombanya melalui online

Menulis sesui EYD

Tulisan yang baik dan benar adalah tulisan yang sesui denga EYD. Poin penting dalam penilain yang telah ditetapkan panitia biasanya pada kesesuian penulisan dengan EYD. Kesalahan yang sering dilakukan oleh para peserta lomba biasanya pada tata bahasa. Kesalahan sekecil apapun bisa menjadi salah satu penyebab berkurannya poin. Sehinnga, kalian bisa mengonsultasikan dulu tulisan yang telah kalian susun dengan orang yang paham tata bahasa sebelum menyerahkan naskah ke panitia pelaksana.

Yakin dan Optimis

Mental inilah yang selalu dimiliki oleh para juara. Mereka selalu yakin bisa melakukan yang terbaik. Mereka optimis dan bahkan mengimajinasikan dirinya menjadi pemenang jauh sebelum perlombaan dimulai. Mereka tahu bahwa dirinya punya hak yang sama untuk menang.

Sharing dengan Orang yang Sudah Berpengalaman

Sharing maupun bertanya kepada dosen pembimbing atau kakak tingkat tentang karya atau tulisan yang sudah kalian selesaikan juga perlu dilakukan, karena dengan bertanya kalian akan mengetahui apakah dalam tulisan yang kalian buat tersebut terdapat kesalahan atau tidak. Selain itu dengan sharing kepada kakak tingkat yang sudah jago dalam menulis kalian akan mendapat suntikan motivasi ,tips dan cara untuk memenangka lomba.

Latihan Presentasi

Dalam lomba menulis non-fiksi, presentasi karya biasa dilakukan bagi peserta yang masuk 10 besar  atau semifinal untuk menentukan pemenang lomba. Sehingga kalian yang ingin memenangkan lomba perlu latihan presentasi sebelum tampil di depan dewan juri. Latihan ini bisa dilakukan dengan mengundang beberapa teman untuk mendengar presentasi kalian. Dengan latihan yang baik kalian akan lebih percaya diri dan akan menemukan cara terbaik dalam menyampaikan presentasi.

Berdoa

Berdoa merupakan sesutau yang sangat penting dalam kehidupan. Begitu juga ketika kalian ingin mengikuti lomba jangan lupa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan meminta doa restu orang tua agar diberi kelancaran dan kemudahan dalam mengikuti perlombaan.

Demikian 9 [Cara Juara] Lomba Menulis Fiksi dan Non-Fiksi, Semoga bermanfaat. Untuk kalian yang sedang mengikuti lomba menulis semangat dan sukses ya. Adapun tulisan mengenai trik dan tips ini dibagikan oleh Kakak Halimah salah satu Mahasiswa dari Universitas Mataram.


Baca Juga Artikel lainnya;
  1. 8 [Cara] Menggali Potensi Dengan Menulis Opini
  2. 8 Cara Juara Lomba Akademik dan Non Akademik [Lengkap]
  3. 8+ [Cara] Juara Lomba Menulis Ide Inovatif {LKTI, Call For Paper, dan Artikel}
  4. 8 Cara [Juara] Lomba Debat Bahasa Indonesia, No 2 Penting!



EmoticonEmoticon