Senin, 22 Mei 2017

Cerita Pengalaman Beasiswa Bidikmisi, dan [3] Cara Mempertahankannya

Cerita Pengalaman Beasiswa Bidikmisi, dan [3] Cara Mempertahankannya




Hallo pembaca website lomba- Sebelumnya perkenalin nama aku Galuh Noermaharti, aku salah satu mahasiswa di Universitas Negeri Jember angkatan 2015. Disini aku mau ngasih kalian tiap tips atau pengalaman pribadi aku sendiri tentang gimana caranya lolos masuk perguruan tinggi negeri dengan beasiswa Bidikmisi, tapi sebelum aku ngasih tipsnya aku mau jelasin sedikit apa sih Beasiswa Bidikmisi mungkin sebagian dari kalian belum begitu paham dengan beasiswa ini.


Pengertian Beasiswa Bidikmisi


Beasiswa Bidikmisi ini merupakan salah satu beasiswa yang diberikan langsung oleh pemerintah, beasiswa ini diberikan atau dikhususkan bagi adek-adek semua yang memang keluarganya memiliki kondisi ekonomi yang kurang mapan, namun kalian memiliki prestasi yang bisa dikatakan layak untuk menerima beasiswa ini.


Baca Juga:  10 [Cara] Lolos Beasiswa Bidikmisi

Cerita Pengalaman Mendapatkan Beasiswa Bidikmisi



Nahh, yang pertama aku  akan berbagai cerita pengalaman aku ketika masih berada di bangku sekolah SMA. Ketika aku SMA aku selalu mempunyai keinginan untuk menempuh pendidikan setinggi mungkin dan aku selalu memiliki tekad aku harus kuliah, namun di satu sisi aku berfikir bagaimana caranya aku kuliah tetapi ekonomi keluarga ku tidak memungkinkan.

Kemudian ketika aku kelas XI aku mulai memahami dan mendapat informasi-informasi tentang perguruan tinggi, beasiswa, jalur apa aja yang ditempuh. Akan tetapi itu hanya sebatas informasi saja yang sesaat hanya terlintas di fikiranku, lalu ketika aku kelas XII disinilah informasi-informasi tersebut dapat aku ketahui kebenarannya dengan berbagai sosialisasi dari Universitas Negeri yang memang sudah terkenal memiliki kualitas kampus yang bagus dan maju.

Berawal dari sosialisasi inilah aku tahu tentang Beasiswa Bidikmisi, dan berawal dari sini jugalah aku memiliki tekad untuk melanjutkan kuliah,kemuadin aku langsung mengkonfirmasi ke Guru BK (Bimbingan Konseling) di sekolah aku untuk konsultasi tentang beasiswa ini dan gimana cara mendaftarnya dan ternyata gak gampang, yaitu dengan cara nilai raport mulai dari kelas X sampai kelas XII harus memiliki standart nilai yang memuaskan, dimana nilai tersebut harus selalu stabil.

Kemudian harus memiliki kepribadian yang baik di lingkungan sekolah maupun diluar lingkungab sekolah. Dan yang pasti karena ini merupakan beasiswa untuk membantu keluarga yang memiliki ekonomi rendah supaya anaknya dapat melanjutkan kuliah untuk masa depan yang lebih menjanjikan, jadi siapa saja yang ingin mendapatkan beasiswa ini harus benar-benar berasal dari keluarga yang memang ekonominya rendah dengan menyertakan berbagai surat-surat dari tempat tinggal.

Kemudian setelah aku mengumpulkan berbagai informasi dan sudah menyiapkan berkas-berkas yang harus dikumpulkan tanpa aku berfikir panjang aku mendaftar di salah satu Universitas Negeri ketika iku aku mengikuti SNMPTN tapi aku tidak lolos, tetapi perjuanganku belum berakhir karena aku mengikuti jalur SBMPTN. Dan pengumuman yang ditunggupun akhirnya tiba dan finally.... Aku lolos di Universitas Jember di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan ternyata kebahagianku tidak sampai disitu saja, akan tetapi aku juga lolos Beasiswa Bidikmisi. Disitu aku benar-benar merasakan kebahagian yang aku dapat dari hasil perjuanganku sendiri, bagaimana tidak aku berasal dari keluarga yang keadaan ekonominya tidak semapan yang lain dan akademik ku bisa dibilang biasa saja karena masih banyak yang lebih baik dari aku, namun yang membuatku senang yaitu aku bersekolah jauh dari orang tua tetapi aku mendapatkan beasiswa yang setiap 3 bulan sekali aku dapatkan untuk biaya ku selama kuliah, beasiswa ini sangat membantu dan sangat meringankan beban orangtuaku karena ketika itu orangtuaku juga memiliki tanggungan yang lain yaitu adek ku yang selisih satu tahun dari aku dan juga akan melanjutkan sekolah di perguruan tinggi.

Singkat cerita, aku menjadi mahasiswa yang mendapatkan beasiswa dari pemerintah dimana diluar sana banyak sekali calon penerima beasiswa ini yang tidak lolos. Lalu, ketika aku masuk kedalam dunia perkuliahan ternya beasiswa Bidikmisi ini dapat dicabut sewaktu-waktu apabila nilai turun derastis dan lulus lebih dari jangka waktu yang ditentukan dimana mahasiwa yang mendapatkan beasiswa Bidik Misi ini hanya diberi waktu maksimal 4 tahun untuk menyelesaikan masa studinya apabila lebih dari waktu yang ditentukan mahasiswa tersebut dapat dikenakan UKT.

Disini aku mau ngasih tips gimana caranya mempertahankan Beasiswa Bidikimisi seperti pengalaman yang sudah aku ceritakan.

Cara Mempertahankan Beasiswa Bidikmisi



Menggunakan Dana Beasiswa Sebaik Mungkin

Ketika kalian menjadi mahasiswa yang menerima beasiswa Bidik Misi yang harus kalian lakukan adalah : kalian tidak boleh besar kepala dan menyalah gunakan beasiswa tersebut, karena beasiswa tersebut harus kalian gunakan untuk biaya kehidupan kalian sebaik mungkin. Dan kalian harus ingat bahwa beasiswa tersebut untuk meringankan beban orang tua kalian supaya kalian dapat menempuh pendidikan yang lebih tinggi

Utamakan Kuliah dan Cerdas Membagi Waktu

Kalian harus sepandai-pandainya mengatur waktu kalian untuk kuliah dan organisasi, keduanya memang sama-sama penting akan tetapi kalian harus ingat bahwa tujuan kalian adalah kuliah. Jadi jangan sampai organisasi kalian menganggu waktu kalian untuk kuliah

Pertahankan IPK

Yang terakhir, ini adalah yang paling utama dan hal simple yang dianggap berat yaitu belajar. Supaya IPK kalian tidak turun dan tetap memuaskan kalian harus rajin belajar. Karena kalian mahasiswa Bidik Misi mempunyai target untuk lulus tetap waktu tanpa molor, dan terlebih kalau kalian bisa mendahului target

Itulah Cerita Pengalaman Beasiswa Bidikmisi, dan [3] Cara Mempertahankannya yang bisa aku sampaikan tentang pengalaman pribadi aku yaitu mengenai beasiswa Bidik Misi, semoga bermanfaat dan menjadi motivasi bagi siapa saja yang membacanya.

Baca Juga Artikel Lainnya;
  1. Beasiswa Yayasan Ringankan Beban Orang Tua [Inspirasi]
  2. [Cara] Mendapatkan Beasiswa Bidikmisi [Awal-Akhir] Lengkap
  3. Pengalaman Mendapatkan Beasiswa Bidikmisi [Mengejar Mentari]
  4. 8 Cara Juara Lomba Akademik dan Non Akademik [Lengkap]

4 komentar

Makasih kak infonya sangat membantu

Okee kak, sama-sama semoga bisa membantu, dan beriterimakasihlah kepada pengirim tulisan juga ya, hehe "Cerita Pengalaman Beasiswa Bidikmisi, dan [3] Cara Mempertahankannya" :D

Samma-sama kak, semoga biasiswanya lancar ya sampai Wisuda. Amin


EmoticonEmoticon