Rabu, 17 Mei 2017

Gagal SBMPTN Sampai Akhirnya LOLOS PTN 2016 [Inspirasi]

Gagal SBMPTN Sampai Akhirnya LOLOS PTN 2016 [Inspirasi]

Oleh: Yosi Oktavia


Pengalaman memberimu pelajaran yang sangat berharga, adalah satu kalimat yang menginspirasi saya. Lolos PTN adalah salah satu mimpi saya, lagian siapa yang tidak mendambakan ini bukan? Karena ini merupakan ajang bersaing dengan seantero nusantara untuk tembus PTN.

Gagal SBMPTN



Untuk mendapatkan hadiah ini saya harus menunggu 2 tahun setelah saya lulus SMA. Banyak hal yang sudah saya lalui, bukannya saya tidak berusaha untuk tembus PTN ini, saya selama 2 tahun berturut-turut mengikuti SBMPTN, UMBPTN dan ujian mandiri saya ikuti, namun apa yang bisa saya lakukan, jika sang kuasa belum memberi ijin. Saya juga sudah berputus asa, tangisan sudah seperti teman sejati disaat dinyatakan TIDAK LOLOS.

Hal ini kadang membuat saya mengkaji ulang diri saya. Saya berfikir apa karena saya terlalu bodoh? Apa tidak ada kesempatan buat saya? Saya terus menerus bertanya pada diri saya.
 
Hal ini juga membuat saya semakin menjauh dengan tema-teman karena saya yang kurang percaya diri bila berhadapan dengan mereka (hal ini tidak patut dicontoh). Tapi saya ingat kegagalan di tahun 2015, seseorang berkata “dek, buat apa menangisi yang sudah terjadi, apa dengan menangis buat kamu menjadi lolos, tidak bukan? Jadi jangan buat dirimu seakan-akan yang paling menyedihkan didunia ini, buatlah dirimu menjadi seseorang yang berkualitas, mungkin bukan dengan cara ini Tuhan menginginkan jalanmu, karena kenyataan Tuhan punya segudang rencana yang lebih indah dibandingkan apa yang kita rencanakan”.
 
Kemudian dia memberi opsi lain katanya “mungkin Tuhan saat ini menunjukkan jalan kepadamu dengan sebuah perumpamaan membuka pintu, untuk membuka pintu haruslah dengan kunci yang tepat, tugas mu adalah menemukan kunci itu agar pintu itu terbuka, untuk menemukan kunci itu adalah tentang kesabaran dan kepasrahan” hal itu benar-benar membuat saya sadar, mungkin selama ini yang saya ikuti adalah keegoisan dalam diri saya yang menuntut lolos, kenyaatan apakan ini benar-benar menjadi impian saya? Saya merasa tertampar, kemudian satu tahun berjalan, saya tetap konsisten untuk mengikuti ujian 2016 dengan perasaan yang tidak mengandalkan pikiran saya, saya berdoa kepada sang maha kuasa “ya Tuhan jika memang ini adalah jalanku, aku hanya berharap Tuhan mempermudah semuanya” semua yang saya katakan adalah kepasrahan dan kesabaran.

Lolos PTN



Dan Tuhan memberi hadiah itu saya dinyatakan LOLOS SBMPTN 2016 disalah satu PTN yang ada di Indonesia. Dari hal ini saya belajar tentang kesabaran dan kepasrahan, tentang menghargai apa yang saya punya, hilangkan kesombongan diri, karena Tuhan adalah sumber dari segala apa yang kita punya.

Demikianlah cerita pengalaman mengenai Gagal SBMPTN Sampai Akhirnya LOLOS PTN, semoga depat menjadi insirasi bagi para pembaca sekalian yang sedang atau akan mempersiapkan diri dalam melanjutkan studi. Trimakasih, baca juga artikel lainnya;
  1. Pengalaman Mendapatkan Beasiswa Bidikmisi [Mengejar Mentari]
  2. Beasiswa Yayasan Ringankan Beban Orang Tua [Inspirasi]
  3. 8+ [Cara] Lomba Agar Bisa Menjadi Juara, No 2 Wajib Dilakukan!
  4. 8+ [Cara] Menjadi Fotografer yang “Bisa Menang Lomba”


EmoticonEmoticon