Jumat, 19 Mei 2017

Pengalaman, dan [2] Cara Juara Lomba Karya Tulis yang Paling Utama

Pengalaman, dan 2 Cara Juara Lomba Karya Tulis yang Paling Utama

 



Memenangkan sebuah lomba pada dasarnya merupakan keinginan  bagi  semua orang yang mengikuti lomba, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memenangkan sebuah lomba.

Pengalaman  Juara Lomba Karya Tulis



Sebelumnya perkenalkan saya Ardea Surya sedikit berbagi pengalaman serta tips atau cara agar menjadi juara lomba khususnya adalah lomba karya tulis ilmiah. Sedikit pengalaman saya, saya sudah total tiga kali mengikuti sebuah perlombaan, yang pertama adalah konferensi yang diselenggarakan oleh FIPI (Forum Ilmiah Psikologi Indonesia) yang diselenggarakan di Untar pada saat itu saya menjadi karya ilmiah terbaik pada konferensi tersebut, kemudian selanjutnya pada konferensi peneliti psikologi muda yang dilaksanakan di UHAMKA saya juga menjadi karya ilmiah terbaik, kemudian yang baru-baru ini adalah lomba karya tulis ilmiah yang diadakan di ITB dan  saya menjadi juara satu.

Setelah saya mengikuti beberapa “lomba” tersebut saya mulai mendapat insight serta strategi untuk memenangkan lomba-lomba sejenisnya.

Berikut 2 Cara Juara Lomba Karya Tulis yang Paling Utama  



Pertama adalah Ide
Ide ini merupakan sebuah dasar untuk kita mulai menulis sebuah paper, usahakan ide yang ada merupakan ide yang out of the box namun , ide tersebut harus mudah untuk dimengerti dan mudah untuk diaplikasikan.
Canggih atau rumitnya sebuah gagasan  bukan menjadi patokkan bahwa ide tersebut baik. Ide merupakan hal pertama dan hal yang paling susah untuk dilakukan, tapi disitulah langkah awal untuk menjadi juara lomba.

Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan ide tersebut adalah membaca buku ataupun jurnal yang menjadi passion atau bidang kita kemudian diaplikasikan pada tema lomba yang sudah ditentukan .

Kedua adalah Penulisan
Dasar utama dari membuat sebuah paper adalah penulisannya, pastikan penulisan menggunakan kalimat yang efektif dan mudah untuk dimengerti dan pastikan alur dari setiap  bab dibuat rapih.

Banyak dari penulis mempunyai ide yang bagus tapi banyak dari kalimatnya yang “berbunga” yang berarti banyak melebih-lebihkan supaya  enak dibaca , tapi sayangnya hal itu sering membuat pembaca menjadi jenuh dan tidak mengerti maksud dari kalimat atau paragraf yang ingin disampaikan.

Jadi ada baiknya penulis menggunakan kalimat yang efektif , meskipun terkadang kalimat efektif akan membuat kalimat atau paragraf terasa pendek, tapi dengan kita sering menulis kita akan bisa mempunyai “rasa” bagaimana membuat kalimat yang efektif tapi enak untuk dibaca.    

Pada dasarnya dua hal tersebut adalah inti dari cara juara lomba khususnya lomba karya tulis ilmiah, fokuslah membuat sebuah ide ataupun gagasan dimana gagasan tersebut merupakan bidang yang kita kuasai.
Sering membaca buku atau jurnal juga dapat membantu  kita menemukan ide yang unik ataupun 
menarik.Kemudian sering menulis artikel atau karya ilmiah lainnnya juga akan mempertajam “rasa”  kita bagaimana membuat sebuah tulisan yang enak untuk dibaca.

Terpenting dan yang tidak boleh ketinggalan adalah motivasi, selalu usahakan motivasi itu tetap ada, karena pada dasarnya motivasi itu pasti terkadang naik dan turun.

Apapun kondisinya usahakan sejak mendapat ide dan menulis paper, motivasi untuk mengikuti lomba dan menang tetap ada, dan tentunya hal itu akan dapat meningkatkan performa dan menambah insight baru dalam membuat sebuah karya tulis ilmiah.

Baca Juga Artikel Lainnya;
  1. 7+ [Cara Juara] dengan Rumus “BEGAL TAKSI”
  2. 12 [Cara] Juara Lomba Menulis Cerpen, No 5 Penting!
  3. [Cara] Juara Lomba Pecinta Alam dan Menulis Biografi
  4. 10+ [Cara] Menjadi Desainer dan Memenangkan Lomba


EmoticonEmoticon