Sabtu, 13 Mei 2017

[Pengalaman] dan 7 Tips Juara Kelas

[Pengalaman] dan 7 Tips Juara Kelas 


Oleh: Mutiara Azzahra

Didikan dan tempaan kedua orangtua semasa kecil sungguh menancap dan melekat di benakku, selalu termaindset seperti itu, seperti apa yang telah mereka ajarkan padaku.

 

Pengalaman Juara Kelas


Saat itu aku masih duduk di bangku sekolah dasar, di setiap pulang sekolah kemudian dilanjutkan shalat dzuhur aku selalu digiring ke kamar tidurku dan belajar dan mengejarkan PR-ku. Lalu di malam harinya sehabis shalat maghrib dan mengaji, aku menjadwal untuk pelajaran esok hari dan belajar bersama Ayah dan Ibu.


Suatu ketika, aku sangat sulit menghafalkan gabungan kata “pangkal”. Saat itu aku duduk di bangku kelas tiga. Aku didiktekan oleh Ibu, tapi tetap saja aku tak hafal jua. Tapi, tiba-tiba ada sesuatu yang ajaib dan itu membuatku cepat hafal. Teman-teman mungkin kurang percaya ini, tapi aku masih ingat pastinya kejadian itu, kalian tahu apa itu? Ibu memukulkan buku B.Indonesia yang saat itu masih berupa LKS ke kepalaku, spontan aku menangis.

Bukan karena sakit, tapi karena terlalu terdesak. Sembari menangis, Ibu tetap memberi pertanyaan tentang kata-kata “pangkal” dan spontan aku bisa menjawabnya dan dalam kondisi menangis sesenggutan. Dan setelah itu Ibu meminta ma’af.

Dan dari situlah, dari tempaan mereka, aku selalunya ingin terus belajar. Dan dengan karunia Allah Ta’ala, aku selalu mendapat juara kelas. Juara kelas pertama kali yang ku raih adalah juara dua saat kelas satu SD.
Aku pulang ke rumah dengan hadiah berbagai alat tulis ditanganku dalam keadaan menangis penuh kekecewaan. Menangis karena aku meraih juara kedua. Teman-teman pasti menganggap bahwa aku ingin meraih juara pertama, iya kan? Bukan, aku ingin meraih juara ke sepuluh, karena sepuluh adalah angka tertinggi (yang kutahu saat itu). Yah, korban anak yang mengenyam sekolah dasar tanpa PAUD atau TK sebelumnya. Bahagialah kalian yang telah ditempa oleh orangtua dengan sebaik-baik tempaan.

7 Tips Juara Kelas  

 

  1. Niat ikhlas;
  2. Berniat menuntut ilmu untuk diamalkan dan diajarkan kepada yang lain;
  3. Belajar tekun setiap siang, atau menggunakan waktu efektif dimana Anda bisa konsentrasi untuk belajar walaupun hanya sekedar membaca dan mengulang;
  4. Meminta restu kepada kedua orangtua terutama ibu setiap berangkat menuntut ilmu, terutama sebelum ujian. Jangan lupa, minta do’anya juga ya…
  5. Gunakan setengah semester pertama dengan sebaik mungkin. Mumpung materi pelajaran masih sedikit dan bahan yang diujikan pun sedikit. Usahakan nilai pada UTS (Ulangan Tengah Semester) tinggi, karena nilainya sangat membantu untuk ujian selanjutnya;
  6. Jujur saat ujian;
  7. Berusaha untuk mengamalkan dan mengajarkan ilmu yang telah diperoleh.

Demikianlah [Pengalaman] dan 7 Tips Juara Kelas yang dibagikan oleh Mutiara Azzahra, semoga dapat bermanfaat. Jangan lupa baca juga artikel cara juara lainnya;
  1. 9 [Cara] Juara 1 Lomba Cipta dan Baca Puisi 
  2. [Fakta atau Mitos] Tuan Rumah Penyelenggara Lomba Selalu Menjadi Juara 
  3. Cara Juara Lomba Apapaun


EmoticonEmoticon