Minggu, 21 Mei 2017

[Pengalaman Juara] dan 7 Tips Menulis

[Pengalaman Juara] dan 7 Tips Menulis



Semua orang tentunya memiliki keinginan untuk memenangkan sebuah lomba dalam bidang apapun. Kita tahu informasi mengenai kompetisi atau perlombaan sudah sangat bersebaran dimana-mana, ada yang via online atau langsung.

Pengalaman Juara Menulis Puisi



Disini saya akan berbagi sedikit tips serta pengalaman saya dalam mengikuti kompetisi dan syukurnya mendapat juara dalam sebuah kompetisi menulis puisi, dengan tema yang cukup menarik yaitu koruptor. Tema yang sangat menarik perhatian saya sehingga saya memutuskan untuk ikuy serta menggoreskan pena di kompetisi tersebut.  

Baca: 9 [Cara] Juara 1 Lomba Cipta dan Baca Puisi


Menurut saya, tidak ada tips khusus dalam menulis ataupun mengikuti lomba menulis. Bagi saya menulis adalah bagaimana cara kita menuangkan isi pikiran kita, bagaimana cara kita menyampaikan aspirasi kita dalam sebuah tulisan. Menulis bukan hanya soal diksi, majas atau gaya bahasa, penempatan titik koma yang benar serta aturan-aturan terikat yang anda jadikan beban saat anda mulai menulis. Hal-hal  tersebut adalah komponen pelengkap, yang bisa dengan mudah anda pelajari seiring waktu.


Pengalaman Mengikuti Kompetisi Menulis Puisi


Saya akan berbagi sedikit cerita saya dalam mengikuti kompetisi ini. Kompetisi  ini diselenggarakan oleh kejaksaan negeri di daerah tempat tinggal saya dan informasi tentang kompetisi ini sampai ke sekolah saya. Cara mengikuti kompetisi ini sangat simpel  hanya menuliskan puisi bebas di secarik kertas lalu mengumpulkannya kepada guru di sekolah saya, selanjutnya diproses oleh guru saya.

Nah, lantas apa rahasia saya bisa memenangkan kompetisi ini?  Jujur saya menulis puisi itu hanya dalam waktu kurang lebih 45 menit. Dan saya tekankan tujuan saya mengikuti kompetisi ini bukan untuk menang. Saya hanya menuliskan apa yang mengalir di kepala saya. 

Kepada semua sang juara, bakal juara, calon juara, yang pertama do it. JUST DO IT AND BELIEVE IN YOUR SELF YOU CAN DO IT. Gunakanlah semboyan itu pada setiap kompetisi. 

Tips dari saya adalah ubah mindset anda, soal mengikuti kompetisi baik itu menulis atau apapun. Tujuan anda bukan untuk menang, menang hanyalah bonus. Pengalaman adalah hadiah. Tetapi bukan berarti anda pesimis, kembali ke semboyan awal anda harus percaya bahwa anda bisa melakukan hal itu.

Saya akan lebih membahas tentang menulis, atau kompetisi tentang kepenulisan. Bagi saya sendiri, menulis adalah kegiatan yang membawa pengaruh dalam setiap individu. Setiap tarikan goresannya memiliki makna. Saya tidak benar-benar punya tips khusus terkait lomba menulis, saya hanya ingin menulis, menulis, dan menulis.

Menulislah dan ungkapkan seluruh isi kepalamu. Dan motivasi saya setiap menulis adalah untuk berbagi kepada seluruh dunia, berbagi kepada siapa saja dan berharap tulisan saya ada manfaatnya. Setelahnya, lambat laun, secara otomatis diri saya sendiri yang mulai memahami bagaimana sebenarnya menulis dengan memhami dan mendalami komponen pendukung yang saya sebutkan diatas.

Tips Menulis Untuk Pemula Hingga Juara Lomba



Mungkin ini beberapa tips kecil yang bisa saya berikan;
  1. Coret-coret lah kertas semaumu, maksud saya disini adalah yang pertama tulis saja apapun yang ingin kita tulis, sampaikan apapun yang ingin kita sampaikan.
  2. Jika dalam sebuah kompetisi tersebut menentukan tema, maka ungkapkan isi pikiranmu secara alami tentang tema tersebut. Misalnya lomba cipta puisi dengan tema koruptor, renungkan, bayangkan apa yang anda pikirkan tentang kata itu, semisal kejam, bengis, egois. Yang anda perlukan dalam menulis adalah apa adanya terlebih dahulu.
  3. Mantapkan tujuan anda menulis adalah: berbagi dan mencari pengalaman
  4. Timbulkan rasa ingin tahu terhadap dunia kepenulisan, jika anda memiliki tujuaan menulis yang baik rasa ingin tahu itu bisa muncul dengan sendirinya.
  5. Optimis dalam menulis, jangan mudah menyerah hanya karena sedikit yang membaca tulisan anda, anda tetap harus kembali lagi bahwa anda hanya ingin berbagi. Lagipula semua butuh proses, hidup tidak seperti mi instan. 
  6. Jangan pernah sekalipun anda meremehkan tulisan orang lain, bagi saya ini merupakan salah satu tips agar anda mampu memenangkan kompetisi, anda boleh percaya diri tapi dengan tidak meremehkan tulisan orang lain.
  7. Berdoa, semua rencana hanya milik Semesta, bukan?

Demikianlah seputar tulsian mengenai [Pengalaman Juara] dan 7 Tips Menulis, yang disunting dengan judul aslinya “Hanya Sembarang Coretan Bukan Tips” ditulis oleh Dhea Maghfira. Semoga bermanfaat.
Baca Juga Artikel Cara Juara Lainnya;
  1. 23+ Cara Menjadi Juara Kelas [Lengkap dan Mudah]
  2. 9 [Cara] Juara 1 Lomba Cipta dan Baca Puisi 
  3. [Fakta atau Mitos] Tuan Rumah Penyelenggara Lomba Selalu Menjadi Juara

2 komentar

Supaya kita bagus dalam pemilihan kosa kata untuk penulisan itu gimana ya min, mungkin bisa ditambahkan tips?

Yang penting terus berlatih kak, wkwkwk :( kakak mungkin punya pengalaman cara juara, silahkan bisa kok dirikimkan ke sini kak :D


EmoticonEmoticon