Selasa, 13 Juni 2017

10 Cara Tepat Menjadi Juara Lomba Essay


10 Cara Juara Lomba Menulis Essay


Menjadi juara di setiap event lomba adalah cita-cita setiap pelajar dalam meningkatkan prestasi, baik prestasi akademik maupun prestasi non akademijk , pelajar berprestasi lebih memiliki peluang yang besar daripada mereka yang hanya menorehkan tinta tanpa arah, atau mereka yang menjadi mahasiswa KUPU-KUPU (Kuliah pulang _kuliah pulang). Maka bagi yang suka menulis, manfaatkanlah peluang anda!.

Baca Juga: 8 [Cara] Juara Olimpiade Akademik, No 3 Penting!

Berikut 10 cara tepat agar dapat meraih juara dalam perlombaan essay



Berdo’a Kepada Allah SWT

Tidak bisa dipungkiri bahwa manusia adalah mahluk yang lemah, sehingga manusia tidak bisa melakukan apapun maupun mencapai segala sesuatu sesuai kehendak hatinya, karena segala ketentuan adalah hak sang maha kuasa, jadi dalam setiap event apapun terutama event penting, seperti berpartisipasi dalam sebuah perlombaan, maka senantiasalah berdo’a memohon keberhasilan kepada Allah SWT.

Meminta Restu Orang Tua

Meminta restu kepada orang tua sangat di anjurkan, karena restu orang tua  akan menjadikan langkah dalam mencapai kesuksesan menjadi semakin mudah, karena restu orang tua adalah bentuk dari restu Allah SWT.

Berusaha Keras Dan Memperbanyak Referensi Dengan Cara Banyak Membaca

Selain berdo’a, untuk menjadi seorang juara maka harus adanya suatu usaha untuk mencapai hal tersebut, berusaha memahami tema ataupun aspek-aspek penting yang harus ada di dalam pembuatan essay yang baik dan benar, serta memperbanyak referensi  dengan cara banyak membaca, karena dengan banyak membaca anda akan lebih banyak wawasan dan essay yang anda buat akan ada rujukan yang valid.

Focus Pada Satu Essay Terlebih Dahulu

Focus pada satu essay terlebih dahulu sangatlah penting karena daya fikir manusia tidak bisa dibagi terlalu banyak, maka perlua adanya kefokusan pada satu karya agar bisa menghasilkan karya essay yang siap saing.

Pahami Tema Dan Subtema Pada Essay Yang Akan di Ikuti

Memahami tema dan subtema dalam perlombaan essay yang sedang di ikuti adalah hal yang terpenting, di karenakan jika tulisan yang dibuat tersebut tidak sesuai atau melenceng dari tema yang ditentukan maka kesempatan untuk menjadi juara akan tipis.

Kreatif, Inovatif dan Produktif

Kreatif, Inovatif dan Produktif adalah suatu kesatuan penting yang harus ada dalam diri setiap penulis, seorang penulis yang Kreatif, Inovatif dan Produktif akan mampu menghasilakan tulisan atau essay yang menarik.

Memahami Juknis (Petunjuk Teknis) Yang Ada Dalam Perlombaan Essay Tersebut

Memahami petunjuk dan teknis dengan membacanya berulang-ulang atau sebagainya, karena jika tidak memahami apa yang ada dalam petunjuk dan teknis perlombaan essay yang di ikuti di khawatirkan akan ada beberapa syarat yang terlewatkan, yang mana dengan keadaan demikian akan mengurangi point untuk mencapai juara essay tersebut.

Membaca Kembali Tulisan Yang Telah Selesai Ditulis

Membaca kembali tulisan atau karya essay yang telah dibuat sangat diperlukan, karena terkadang tanpa disadari terjadi kesalahan dalam penulisan maupuan dalam susunan kalimat didalam tulisan tersebut, sehingga dengan adanya verifikasi atau membaca kembali tulisan tersebut sangat bermanfaat terhadap hasil tulisan, agar sesuai dengan yang diharapkan.

Pastikan tulisan yang dibuat terbebas dari plagiarisme

Plagiarisme terhadap karya orang lain sangat tidak diperbolehkan, dengan adanya plagiarisme maka kreatifitas individu akan menurun dan tingkat produktifitaspun tidak akan berkembang, selain demikian adanya plagiarisme dalam suatu karya essay yang anda buat akan menghilangkan ciri khas dari karya anda.

Tawakkal/Pasrah Kepada Allah SWT

Tahap terakhir dari menulis essay tersebut adalah dengan bertawakkal atau pasrah kepada Allah SWT, karena takdir yang akan menjawab segala usaha yang anda lakukan.

Demikianlah tulisan mengenai 10 Cara Tepat Menjadi Juara Lomba Essay. Semoga dengan  tulisan yang dibagikan oleh Siti Li’amanah sebagai Mahasiswi Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro
 ini dapat menginpirasi serta menjadi motivasi bagi para pelajar maupun khalayak umum yang ingin berpartisipasi dalam lomba menulis essay ataupun lomba menulis lainnya. Terimakasih.


EmoticonEmoticon