Kamis, 08 Juni 2017

6 [Cara] Juara Lomba Sains Komputer, Berdasarkan Pengalaman!

6 Cara Juara Lomba Sains Komputer


Lomba Sains Komputer
merupakan salah satu cabang ilmu komputasi, secara umum sains computer mengkaji aspek-aspek komputasi untuk aplikasi atau memecahkan masalah di bidang sains menggunakan algoritma. Sekarang ini Sains Komputer juga sudah termasuk cabang olimpiade pada Olimpiade Sains Nasional (OSN)

Baca: Siswa STM jurusan Kimia Menjadi Medalis Emas di Olimpiade Biologi

Selain di olimpiade, sains computer juga banyak diselenggarakan oleh universitas-universitas teknologi yang bertujuan untuk mencari generasi-generasi yang handal dalam bidang sains computer.

Lomba Sains Komputer ini biasanya memiliki tiga bagian, bagian pertama yaitu matematika computer, bagian kedua yaitu Algoritma dan yang terakhir yaitu penerapan algoritma pada Bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman yang lazim digunakan pada lomba sains computer yaitu Bahasa pemrograman pascal.
Untuk kalian yang berminat dalam bidang sains computer dan ingin mengikuti lomba tentu kalian ingin sukses dalam lomba tersebut. Jika kalian bertanya-tanya, bagaimana sih cara sukses dapet juara di lomba sains computer…..? Nah ! kebetulan kalian berjumpa dengan artikel ini, baca sampai selesai yuk !

6 [Cara] Juara Lomba Sains Komputer



BELAJARLAH MATEMATIKA DASAR ATAU LOGIKA MATEMATIKA

Pada lomba sains computer keahlian Bahasa pemrograman saja belum cukup di jadikan modal untuk sukses pada lomba tersebut, untuk itu kemampuan matematika dasar juga sangat dibutuhkan. Kalian bisa belajar otodidak dengan membaca buku-buku atau artikel-artikel diinternet, jika kalian tidak bisa atau kesulitan belajar otodidak kalian bisa miminta teman-teman kalian yang ahli di bidang matematika untuk mengajari kalian, saya sarankan menurut pengalaman saya sebaiknya kalian juga mengikuti ekstrakurikuler yang ada disekolah kalian, misalnya Study Club Matematika disana kalian akan diajari matematika dasar dan termasuk juga logika matematika serta algoritma.

SERINGLAH BERLATIH SOAL-SOAL MATEMATIKA KOMPUTER

Jika diatas tips-tips belajar matematika dasar yang efektif, sekarang saatnya kalian untuk menguji kemampuan sejauh mana yang kalian telah kuasai dengan cara berlatih dan terus berlatih seputar soal-soal matematika computer seperti logika, algoritma, matriks, peluang dan deret, dll. Jika setelah berlatih soal dan hasilnya masih kurang, alangkah baiknya kalian untuk mengulang materinya lagi dan berlatih soal-soal sampai meminimalisir kesalahan.

BELAJARLAH BAHASA PEMROGRAMMAN PASCAL

Bahasa pemrogramman memang sangat sulit dan membingungkan tapi hal itu tidaklah menjadi alasan kalian untuk menyerah. Belajar Bahasa pemrograman sendiri memiliki banyak cara diantarannya kalian bisa mengakes situs-situs yang menyediakan artikel-artikel seputar Bahasa pemrogramman atau situs-situs yang menyediakan pembelajaran secara online, jika cara tersebut tidak berhasil kalian lalui cara efektif untuk belajar yaitu pada orang yang sudah berpengalaman dibidang pemrogramman seperti pengalaman saya yaitu dengan mendatangi kampus-kampus teknik informatika dan berdiskusi bersama mahasiswa-mahasiswa tentang Bahasa pemrogramman.

MULAILAH BERLATIH MENULIS CODING PEMROGRAMMAN

Mengerti tentang teori saja tidak cukup untuk mengusai Bahasa pemrogramman, bukannya teori tidak penting tapi teori yang sudah kalian pelajari tersebut harus diterapakan dengan cara berlatih menulis coding-coding, meskipun menulis coding itu kebanyakan orang merasa hal yang menjengkelkan dikarnakan kalian dituntut harus teliti dalam menulis baris-baris coding tetapi tidak banyak juga yang mengatakan menulis coding itu sangat asik dan menyenangkan karna otak kalian dipicu berpikir lebih untuk menyelesaikan suatu algoritma pada pemrogramman, selain itu kalian juga harus teliti-teliti ketika menulis coding karna jika terjadi kesalahan pada tanda titik koma saja secara otomatis semua coding yang kalian tulis itu juga akan salah. Jadi tipsnya itu sangat sederhana tapi cukup sulit juga, kalian hanya butuh konsentrasi yang tinggi dan berpikir lebih luas dalam menulis baris-baris coding pemrogramman.

MINTALAH SARAN KEPADA ORANG YANG BERPENGALAMAN

Banyak orang yang mengatakan “Pengalaman adalah guru terbaik” dan menrut saya apa yang dikatakan orang-orang itu benar. Ya, belajarlah dari pengalaman karna dari pengalaman kalian dapat mendapatkan ilmu-ilmu yang mungkin belum kalian jumpai seumur hidup kalian. Pengalaman adalah modal kalian untuk menyempurnakan usaha-usaha yang telah kalian bangun sebelumnya, sperti belajar serta berlatih-latih dan itu perlu kalian poles dengan pengalaman. Kalian hanya cukup berdiskusi atau bertukar pikiran dan menanyakan seputar lomba sains computer kepada orang yang pernah mengikuti lomba sains computer tentang bagaimana kiat-kiatnya ketika mengikuti lomba tersebut, hal ini sering saya lakukan terutama kepada kakak kelas saya yang sudah berpengalaman dalam mengikuti lomba sains computer.
Pengalaman membuatmu lebih baik !

BERDO’ALAH DAN MINTA DO’A DARI KEDUA ORANGTUA

Jika kalian telah berusaha semaksimal mungkin saatnya kalian untuk berserah diri kepada tuhan yang maha kuasa karna hanya kepadanyalah kita menyembah dan hanya kepadanyalah kita meminta pertolongan tentunya dengan cara memohon do’a kepadanya sang pencipta alam semesta, ingat usaha yang diiringi dengan do’a adalah kunci kesuksesan dan usaha tidak akan pernah menghianati hasil.

Satu lagi yaitu do’a dari kedua orang tua, kenapa harus orang tua karna do’a orang tua itu sangat di ijabah atau dikabulkan oleh tuhan yang maha kuasa. Jadi untuk melengkapi do’a kalian, sebaiknya kalian meminta do’a restu kepada orang tua sebelum menghadapi lomba.

Kalau semua cara-cara diatas sudah kalian coba, hasilnya tinggal diserahkan kepada yang kuasa jika sukses juara Alhamdulillah jikalau tidak itu tidak masalah juga mungkin tuhan punya rencana lain.

Pengalaman Juara Lomba Sains Komputer



Seperti pengalaman saya ketika mengikuti lomba sains computer diberbagai universitas-universitas dan juga di olimpiade. Artikel tersebut saya tulis berdasarkan pengalaman saya selama mengikuti lomba sains computer, mulai dari persiapan serta perlombaan dari tahap awal sampai tahap akhir dan itu sangat melelahkan bagi saya namun seperti apa yang telah saya katakanan tadi usaha tidak akan pernah menghianati hasil ternyata benar, berkat usaha kerja keras saya dan tidak lupa pula diiringi dengan do’a saya meraih juara III pada lomba sains computer 2015 di STMIK BG Mataram, itu adalah pengalaman yang sangat berharga bagi saya dan untuk kedepannya akan saya ditingkatkan lagi.

Demikianlah artikel tentang kiat-kiat sukses juara lomba sains computer, semoga berkat artikel ini kalian semua bisa termotivasi untuk menjadi sang juara tentu tidak hanya dengan membaca artikel ini tapi mengamalkan apa yang telah diperoleh pada artikel ini. Semangat adalah modal utama untuk menjadi juara, jangan takut untuk gagal dan jangan takut untuk mencoba jika kalian mengalami kegagalan tetaplah semangat untuk mencoba sampai kegagalan kalian itu habis ditutupi oleh keberhasilan. Tulisan ini dibagikan oleh Muhammad Novrizal Ghiffari. Semoga menginpirasi.

Baca Juga Artikel lainnya; 




EmoticonEmoticon