Kamis, 08 Juni 2017

7 [Cara] Juara Lomba Menulis Bagi Pemula

7 [Cara] Juara Lomba Menulis Bagi Pemula


Banyak media menawarkan lomba menulis. Mulai dari artikel, esai, cerpen, sampai puisi. Kalian yang berpengalaman dalam menulis maupun yang masih kepengen-kepengen doang pasti ingin coba-coba kan? Siapa tahu beruntung bukan? Karena menulis itu nggak sesulit yang kita kira, kok.

Baca: Sharing Pengalaman Berbuah [5] Tips Menang Lomba Nulis Cerpen

Hanya saja sebagian dari kita bingung bagaimana memulainya. Coba deh simak beberapa tips and trick jadi juara di lomba menulis ini!


7 [Cara] Juara Lomba Menulis Bagi Pemula



Pastikan kamu baca seluruh ketentuan lomba

Mulai dari tema, jenis tulisan, sampai ketentuan detail seperti jumlah halaman, margin, dan font penting banget buat kita ketahui lebih dulu. Dan satu lagi yang jangan sampai lupa : catat deadline!

Buat timetable

Timetable cocok banget buat kalian yang terbiasa mengerjakan sesuatu dengan terprogram. Mengerjakan tulisan dengan prinsip “yaudah yang penting nulis, bawa santai aja” emang enak sih, tapi kalau untuk urusan lomba yang bisa jadi deadlinenya sudah mepet, ini tidak disarankan ya.

Ketika sudah mepet deadline, semua terkesan buru-buru dan karya kita jadi enggak maksimal. Lebih enak pakai timetable yang berisi kapan cari ide, kapan mulai nulis, kapan editing, kapan selesai, kapan kirim. Nah dengan begitu akan jadi lebih terorganisir dan bisa menghindari hal buruk yang kemungkinan akan menghambat kerja kita.

Tampilkan ide-ide unik

Ini penting banget buat menarik perhatian juri karena kita beda dari yang lain. Coba banyak baca, cari referensi, dan jangan batasi imajinasi kita buat mengeluarkan ide yang unik. Nggak mesti pakai ide yang out of the box, tapi bisa dengan mengubah sudut pandang atau menampilkan gaya bahasa yang berbeda.
Kalau lomba yang kalian ikuti adalah lomba tahunan, kalian bisa coba cari karya pemenang tahun lalu. Kalian bisa mempelajari tipe-tipe yang menang itu seperti apa, tapi karya kalian tetap harus versi kalian, ya!

Manfaatkan naskah lama

Bisa jadi kita sudah berusaha mencari ide, tapi tetap tidak ketemu. Jangan khawatir! Kalian yang suka nulis pasti punya naskah-naskah lama yang emang kalian buat pas lagi iseng, atau bisa juga dari naskah yang gagal mendapat juara di perlombaan lain.

Nah naskah-naskah ini bisa jadi pula punya kemiripan tema dengan lomba yang kalian ikutin sekarang. Coba permak lagi naskah itu, cari dimana kekurangannya, lalu perbaiki. Sesuaikan dengan ketentuan lomba yang kamu ikuti saat ini. Dengan begitu kalian tidak perlu repot-repot memikirkan ide baru dan yang pasti mengehemat waktu!

Edit, edit, edit

Baca lagi karya kalian dengan memposisikan diri kalian sebagai orang lain. Coba pahami apakah karya itu enak juga dibaca orang lain atau hanya enak dibaca oleh penulisnya sendiri. Lalu edit bagian-bagian yang kurang enak tersebut. Minimalkan pula typo.

Kirim karya maksimal H-2
Ini penting karena banyak pula kegagalan yang bersumber dari proses pengiriman. Kita nggak pernah bisa memprediksi apakah pengiriman berjalan lancer atau tidak. Untuk mengantisipasinya, kita bisa beri waktu 2 hari sebelum deadline. Pilih juga cara pengiriman yang yakin esok sampai. Kalau pengirimannya online, jangan mepet-mepet juga. Trouble di server juga bisa terjadi kan?
Intinya, ini adalah akhir dari usaha kalian. Maka jangan sampai disepelekan ya!

Berdoa dan Tawakal

Setelah semua terkirim, jangan lupa berdoa. Usaha kita boleh jadi sudah maksimal, tapi kehendak Yang di Atas, tentu yang paling menentukan. Tawakal saja dengan hasilnya, dan jangan takut gagal. Bersikap ikhlas saja ketika gagal, dengan pikiran bahwa pasti setelah ini ada keberhasilan.

Selamat berlomba! Terimakasih sudah membaca tips and trick dari anak yang tidak-terlalu-sering-menang lomba-tapi-ingin-berbagi ini. Demikianlah tulisan mengenai 7 [Cara] Juara Lomba Menulis Bagi Pemula dengan judul dari penulis Writing challenge allert : what should we do?. Karya ini dibuat oleh Aughi Nurul Aqiila. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:
  1. 5 Cara Juara Lomba Apapaun [Lengkap]
  2. 9 [Cara] Juara 1 Lomba Cipta dan Baca Puisi
  3. 8 [Cara] Juara Olimpiade Akademik, No 3 Penting!
  4. 23+ Cara Menjadi Juara Kelas [Lengkap dan Mudah]


EmoticonEmoticon