Sabtu, 10 Juni 2017

8 Cara Mendapatkan Nilai 100 UNBK Matematika


8 Cara Mendapatkan Nilai 100 UNBK Matematika


Cara Juara- Sebagian besar orang melihat teman-temannya yang mendapatkan nilai ujian nasional 100 dalam mata pelajaran apapun terutama matematika akan berpikiran seperti,  "wajar aja lah dia jago menghitung, beda sama kita yang belajar biasa-biasa aja", atau "iyalah dia bisa, dia kan bimbel mahal, kita mah apa kekurangan biaya".

Baca: 23+ Cara Menjadi Juara Kelas [Lengkap dan Mudah]

Memang betul ada orang yang dianugerahi kepintaran dalam menghitung. Namun,  tanpa kita sadari bahwa sebenarnya kita juga bisa, lho mendapatkan nilai 100 tanpa bimbel mahal. Ada banyak cara yang dilakukan untuk meraih nilai 100 Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Matematika, kali ini saya akan berbagi tips berdasarkan pengalaman saya.

Cara Meraih Nilai 100 Ujian Nasional Berbasis Komputer



Pertama, yang harus kita lakukan adalah awali dengan niat yang tulus dalam mencapai tujuan. Terkadang ekspektasi tidak sesuai dengan realita hanya karena niat di mulut, lalu tidak ditanamkan dalam hati. Ini salah satu langkah kilat untuk mencapai tujuan.

Kedua, langkah selanjutnya adalah sempatkan waktu untuk pelajari buku matematika. Mungkin sebagian besar orang jika melihat rumus sekilas saja, orang itu akan mengeluh pusing dan enggan belajar matematika. Namun, di sinilah langkah awal dalam mengenali materi, mulai dari dasar hingga rumit. Tulis rumus-rumus di buku khusus untuk matematika dengan tinta warna-warni.

Tandai materi yang kurang dimengerti, supaya pada saat jam pelajaran matematika tidak bingung lagi apa yang harus dipertanyakan. Langkah ini dinilai ampuh bagi saya, karena dapat mempertajam daya ingat, dan langkah ini diterapkan oleh guru saya dan hasilnya ada 17 siswa yang mendapatkan nilai UNBK matematika di SMK saya,  bahkan hanya sekolah saya yang mendapat prestasi tersebut di DKI Jakarta.

Ketiga, Tanyakan kepada guru matematika, baik di kelas atau secara face to face. Jangan pernah takut untuk bertanya kepada guru di kelas, supaya kita dapat mengejar ketinggalan materi.  Jika kita malu bertanya secara terus menerus,  kita akan sulit memahami materi, hal ini menjadi faktor yang membuat kita malas belajar. Kita juga bisa menggunakan langkah jemput bola,  yaitu bertanya secara face to face supaya kita tenang dan tidak grogi dalam memahami materi.

Keempat, Dibiasakan latihan soal satu kali dalam seminggu, dengan langkah ini kita dapat mengukur kemampuan dalam menghadapi soal ujian nasional. Mulailah dibuat format pilihan ganda dan cara penyelesaiannya,  usahakan pada saat mengerjakan diberi waktu sesuai dengan waktu ujian,  biasanya 120 menit.

Setelah hasilnya baik dan meningkat, lakukan latihan soal tetapi waktunya menjadi 90 menit, ini dianjurkan supaya kita dapat memeriksa hasil pekerjaan kita dengan teliti pada saat kita ujian.  Diusahakan jangan panik ketika kita sedang uji coba ujian, karena panik dapat mengalihkan fokus kita dalam mengerjakan soal.

Kelima, Bergaullah dengan teman-teman yang menguasai matematika, kemudian ajaklah teman-teman Anda untuk membahas soal. Sempatkan waktu dengan teman-teman Anda untuk berdiskusi. Bisa dilakukan sepulang sekolah, hari libur, atau selingan waktu bila jam pelajaran kosong. Biasanya, hampir semua orang lebih mudah memahami materi kalau disampaikan oleh teman-teman. Bisa juga bertanya dengan kakak kelas yang berpengalaman mendapatkan nilai 100, karena bisa jadi Anda akan diberikan tips dan trik dalam mengerjakan soal versi mereka.

Keenam, Dibiasakan ajari teman-teman yang kurang menguasai matematika, minimal teman sebangku. Langkah ini bagi saya sangat jitu,  karena kita bisa sambil mengingat kembali materi yang kita pelajari. Lebih bagus lagi kita juga bisa menjadi mentor kelas X dan kelas XI, selain kita mengingat pelajaran, kita dapat berbagi ilmu dengan mengharapkan pahala dari Tuhan.

Ketujuh, Dilarang belajar sehari sebelum Ujian Nasional. Lho, kok nggak boleh? Kan kalau belajar nanti tambah ingat. Boleh kalau sekadar membaca dengan sekilas, asalkan tidak belajar secara full. Salah besar kalau kita belajar lagi, akibatnya nanti hanya ingat pelajaran yang terakhir kita pelajari. Manfaatkan sehari sebelum ujian dengan istirahat yang cukup. Dengan begitu, kita lebih tenang dalam mengerjakan soal dan dapat menyiasati waktu untuk memeriksa kembali pekerjaan.

Kedelapan, paling penting adalah, sebesar apapun usaha kita, kita harus berdoa dan serahkan semua usaha kepada Tuhan. Seseorang akan sukses bukan hanya dari usaha, tetapi dari kekuatan doa.  Tuhan akan memberi kemudahan dari perjuangan kita, asalkan kita sungguh-sungguh dalam meluruskan niat kita, karena yang jago akan kalah dengan orang yang serius.

Demikianlah seputar pengelaman yang dibagikan oleh Aulia Annisa Rizky yang pernah menjadi salah satu dari 17 orang peraih nilai 100 Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Matematika. Semoga dapat bermanfaat bagi segenap pembaca website lomba.

Baca Juga:

  1. [Pengalaman] dan 7 Tips Juara Kelas 
  2. Cara Juara Kelas [Ranking 10 Besar Di Kelas] 
  3. 6 Cara Juara Kelas/Bintang Kelas [Ringking 1] 
  4. 7 [Cara] Juara Lomba Fotografi Berdasarkan Pengalaman

 

 

 


EmoticonEmoticon