Jumat, 09 Juni 2017

7 Cara Juara Lomba Peneliti Belia


7 Cara Juara Lomba Peneliti Belia


Sesuai namanya, Lomba Peneliti Belia atau yang lebih dikenal dengan LPB adalah salah satu lomba yang memberi kesempatan seluas-luasnya bagi para siswa SMP hingga SMA untuk bereksperimen, berinovasi, dan belajar mengenal lebih jauh tentang apa yang ada di bumi. Pada lomba ini, kita dituntut untuk berfikir beberapa langkah ke depan untuk menghasilkan sesuatu yang baru dan tentunya bisa memberikan manfaat bagi seluruh lapisan makhluk di bumi ini.

Baca Juga: Pengalaman, dan [2] Cara Juara Lomba Karya Tulis yang Paling Utama

Nah, sebagai pembuka kedua, aku ingin berbagi sedikit pengalamanku ketika menjadi peserta pada lomba ini, nih. Oke, tahun 2015 yang lalu, aku sempat ikut lomba ini dengan salah satu temanku sewaktu SMP, daaaan.. syukurlah, kami berhasil meraih gelar “ Special Award of Enviromenthal Science”. Sebenarnya, ketika kami mendengar nama tim kami disebut sebagai pemenang, kami sama sekali tidak menyangka, karena kami sempat melewatkan sesi tanya jawab kedua dengan para juri. Tapi, kami bersyukur sekali, kemenangan masih berpihak pada kami.

Sehari setelah gelar itu kami dapat, kami dihujani berbagai pertanyaan dari teman-temanku baik yang ikut lomba maupun yang tidak. Kebanyakan dari mereka, sih menanyakan: “ Bagaimana caranya bisa menang?” Jawaban dari pertanyaan itulah yang akan menjadi inti dari artikel ini. Aku akan menulis langkah-langkah yang mungkin bisa kalian ikuti untuk mempersiapkan diri. Ok, inilah beberapa langkah yang harus diikuti:

7 Cara Juara Lomba Peneliti Belia



Temukan partner yang cocok denganmu.

Sebenarnya, pada lomba ini, kalian berhak memilih ingin berusaha sendiri atau bekerja sama dengan teman. Saranku, kalian bekerja sama. Selain bisa saling bertukar pikiran, kalian juga bisa saling melengkapi jika ada beberapa kekurangan. Nah, ketika kalian sudah menentukan ingin bekerja sama, kalian harus memilih teman yang menurut kalian benar-benar bisa diandalkan. Dalam arti, dia adalah seorang yang semangat, pekerja keras, terbuka, dan selalu menjadi pendengar yang baik. Jangan sampai ketika H-sekian lomba, kalian malah bertengkar dengan pasangan akibat ketidak cocokkan diantara kalian.

Mainkan imajinasi dan kreatifitas dalam menemukan ide.

Ini adalah poin terpenting dalam segala hal. Ide. Tanpa ide, kalian tidak bisa melanjutkan proses, bukan? Jadi, ide harus benar-benar ada untuk mengawali setiap proses.  Dalam LPB, kalian bisa menemukan ide dengan eksplorasi di lingkungan sekitar, memikirkan penyelesaian dari masalah yang akhir-akhir ini sering muncul, dan sebagainya. Di LPB ini, ada berbagai bidang yang dilombakan, yakni, Matematika, Ekologi, Fisika, dan Komputer Sains.

Pada bidang Matematika, kalian bisa menggali ide dengan memikirkan apa, sih materi yang kalian rasa sulit. Lalu, lakukan percobaan dan ciptakan sesuatu yang baru untuk membuat materi itu tak lagi sulit untuk dipahami.

Pada bidang Ekologi, kalian bisa melihat-lihat lingkungan sekitar. Pikirkan sebuah objek yang jarang sekali digunakan, atau dibuang begitu saja setelah diambil beberapa bagiannya. Olah objek tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat. Sewaktu ikut lomba, aku dan temanku mengolah getah dari pelepah pisang sebagai penyubur dan pemercepat pertumbuhan tanaman.

Pada bidang Fisika, kalian harus berkutat dengan sesuatu yang sangat rumit, kelistrikan, misalnya. Mungkin, kalian bisa mempelajari apa yang kurang dari listrik, lalu merombaknya menjadi sesuatu yang berbeda. Hmm.., atau mungkin, kalian bisa menggunakan Fisika Kuantum untuk melakukan penelitian, guys. Itu keren, loh

Terakhir, pada bidang Komputer Sains. Disini bukan hanya kreatifitas yang diandalkan, melainkan kecerdasan dalam mengutak-atik komputer juga sangat diperlukan. Ide yang bisa muncul dari bidang ini adalah program-program yang bisa membantu kinerja sains, guys. Contohnya: program yang dapat menyembuhkan mata minus atau games yang bisa menyembuhkan diabetes. Keren, kan? Hehehe...

Ungkapkan ide pada guru pembimbing dan mintalah pendapat mereka.

Ini juga penting, guys. Dengan mengungkapkan ide kalian pada guru, kalian bisa tahu respon apa yang diberikan orang lain terhadap ide kalian. Kalaupun mereka nantinya tidak setuju dengan ide kalian, kalian harus mendengarkan alasan penolakan mereka dengan saksama. Jika penolakan itu tidak cocok dengan kata hati kalian, kalian bisa, kok tetap melanjutkan penelitian kalian tanpa harus memberitahu guru tersebut, karena terkadang, pandangan orang lain berbeda-beda. Diantara perbedaan itu, ada yang benar-benar bertolak belakang dengan logika yang kita pikirkan, hehehe.

Tulis makalah dengan baik.

Karena dalam lomba ini kita juga dituntut untuk dapat menulis makalah, maka kita harus benar-benar memaparkan ide penelitian kita dengan baik. Kalau perlu, kalian bisa meminta pendapat guru sastra atau orang lain yang menurut kalian sanggup memberi bantuan. Oh iya, selipkan abstraksi dengan Bahasa Inggris yang baku, ya? Karena itu akan menambah nilai makalah kalian, guys.

Buat poster berisi poin terpenting dengan desain semenarik mungkin.

Poster bertujuan sebagai prasarana presentasi ketika pameran, guys. Pameran ini dilakukan di hari pertama lomba (babak pertama). Di dalam poster, masukkan saja apa yang telah ditulis dalam makalah. Tapi, jangan lupa dirangkum, ya? Dan jangan lupa untuk menyertakan hasil pengamatan, akan lebih baik jika mencantumkan hasil lab. Daaan, desain sebaik mungkin untuk menarik perhatian juri, hihihi.

Percaya diri.

Hal ini penting saat hari H lomba. Ketika juri bertanya, jawab dengan penuh keyakinan dan semangat. Yakinkan juri bahwa penelitian kalian layak dikembangkan dan diapresiasi.

Berdoa.

Inilah langkah penentu usaha kalian. Usaha bukanlah apa-apa jika tidak disertai doa, guys. So, jangan lupa untuk berdoa dan menyerahkan semua hasil usaha kepada Tuhan, ya?

That’s all. Langkah-langkah diatas hanyalah pendapat pribadi aku. Artinya, kalian bisa merubahnya sesuai dengan versi kalian. Tetap semangat teman-teman, teruslah berusaha dan berdoa. Yakinlah kemenangan milik kalian. Jangan takut untuk bereksperimen. Kemenangan hanya dimiliki oleh orang-orang yang berani berusaha dan mengambil resiko. Semoga, kalian bukan hanya menjadi juara dalam lomba ini, tetapi juga bisa menjadi peneliti terbaik untuk negeri kita tercinta, Indonesia.

Demikianlah tulisan mengenai 7 Cara Juara Lomba Peneliti Belia yang dibagikan oleh Crazsci. Semoga dapat bermanfaat bagi segenap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang "Cara Juara dalam Lomba". Trimakasih.

Baca Juga Artikel Cara Juara Lainnya;
  1. 23+ Cara Menjadi Juara Kelas [Lengkap dan Mudah]
  2. 9 [Cara] Juara 1 Lomba Cipta dan Baca Puisi 
  3. [Fakta atau Mitos] Tuan Rumah Penyelenggara Lomba Selalu Menjadi Juara 
  4. Cara Juara Lomba Apapaun


EmoticonEmoticon