Sabtu, 03 Juni 2017

Cara Juara Lomba Pidato [Lengkap]



Cara Juara Lomba Pidato [Lengkap]


Cara Juara Pidato- Tak bisa dipungkiri, bahwa pidato menjadi salah satu aspek keahlian seseorang yang penting dan cukup menunjang. Keahlian dalam berpidato sangat menunjang kita seperti saat kita harus memberikan sambutan sebagai ketua panitia dalam suatu acara, atau sebagai pemimpin. Menarik bukan?

Baca Juga: Jadwal Lomba Pidato dari Website Lomba

Sebenarnya tidak ada kiat-kiat khusus atau cara-cara khusus yang saya pelajari untuk berhasil meraih juara dalam lomba pidato, namun saya selalu memperhatikan beberapa hal yang mampu menunjang keberhasilan tersebut.

Diantaranya beberap hal yang harus dipelajari agara juara lomba pidato antara lain adalah sebagai berikut;

Cara Juara Lomba Pidato



Menguasai Isi Pidato

Jelas ini menjadi yang pertama dalam hal berpidato. Tidak mungkin bisa berpidato dengan baik tanpa tahu apa yang kita sampaikan. Sobat bisa menghafal teks, jika takut lupa atau kurang mampu berimprovisasi.
Isi pidato juga berpengaruh dalam penilaian.

Sobat wajib membaca berbagai sumber referensi dan berkonsultasi dengan guru, karena dengan itu kita bisa menyampaikan pidato yang baru, berbeda, kekinian, sehingga menarik audiens untuk mendengarkan sobat.

Memperhatikan Gaya Berpidato

Setelah membuat teks pidato, sobat bisa mencari dan belajar gaya berpidato yang nyaman. Gaya yang saya maksud adalah intonasi, jeda, tempo, hingga gerak tubuh.

Sobat harus memastikan bahwa pidato yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh audiens. Jika melihat para pemimpin yang berpidato, pasti intonasinya sesuai isi, dengan tempo yang sedang. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan tema.

Biasanya gaya berpidato inilah yang menjadi fokus penilaian juri. Contohnya, jika berkaitan dengan perjuangan, maka sobat bisa tegas, lantang, dan mengepalkan tangan dalam berpidato. Dan jangan lupa untuk selalu sopan. Sobat bisa memberikan penghormatan pada juri, baru bersiap menyampaikan.

Ekspresi Adalah Segalanya
Mengapa? Ekspresi bisa menunjang penampilan kita. Misal, ketika isi pidato mengenai kemiskinan, sobat bisa memasang ekspresi heran, penolakan, seolah-olah sedang protes pada pemerintah. Tatapan mata sobat juga bisa menunjang, karena tatapan mata menunjukkan keyakinan dan keberanian dalam berpidato. Jika takut, sobat bisa menatap kursi, atau dinding yang searah dengan mata audiens dan juri, hihi..

Dari sekian tips atau cara juara lomba pidato yang saya berikan, mampu meyakinkan juri dan audiens akan isi pidato kita adalah hal yang terpenting, baik dalam pidato Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, atau yang lainnya. Ini menunjukkan bahwa pidato disampaikan dan diterima dengan baik dan jelas, serta dengan gaya yang sesuai.

Bagaimana dengan persiapan sebelum lomba?  Sobat bisa menghafal teks, lalu mencoba berpidato di depan cermin untuk menyesuaikan ekspresi. Jangan takut untuk meminta bimbingan dari guru, karena guru bisa memberikan arahan dan penilaian. Dan ketika grogi, sobat bisa membayangkan bahwa audiens dan juri ibarat cermin yang sobat gunakan saat berlatih.

Jangan pernah takut untuk mencoba sesuatu hal yang baru sobat. Demikianlah tulisan mengenai Cara Juara Lomba Pidato [Lengkap] yang diajarkan oleh Naura Iftika. Semoga dengan adanya tips atau kiat dalam pidato ini dapat membantu bagi kalian yang sedang mempersipakan diri untuk lomba pidato. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel cara juara lainnya.
  1. 7+ [Cara Juara] dengan Rumus “BEGAL TAKSI”
  2. Juara Olimpiade Fisika Sampai Menjadi Teater “Pernah Aku Alami” [Inspirasi]
  3. 23+ Cara Menjadi Juara Kelas [Lengkap dan Mudah]
  4. 9 Cara Menulis Karya Tulis Ilmiah Hingga Menjadi Juara [Lengkap]


EmoticonEmoticon