Kamis, 08 Juni 2017

Kiat Menang Lomba Debat Untuk Tim Pro dan Kontra

Kiat Menang Lomba Debat Untuk Tim Pro dan Kontra




Lomba Debat- Adu argumentasi dengan berdebat sering kali menjadi ajang perlombaan untuk menentukan siapakah yang argumennya logis dan mampu memberi pemecahan terhadap tema yang diberikan. Namun, apakah hanya itu yang bisa menjadikan sobat memenangkan lomba debat? Yuk cekidot!

Kiat Menang Lomba Debat Untuk Tim Pro dan Kontra



Memahami topik debat

Sobat harus tahu tentang seluk beluk yang ada dalam topik tersebut. Cari referensi sebanyak-banyaknya, untuk memudahkan dalam menyusun argument baik ketika nanti sobat di tim pro atau tim kontra. Persiapkan hal tersebut sedini mungkin. Sobat bisa menyusun inti dari argument sobat, dan ketika debat, sobat bisa menyampaiakn dengan kalimat sobat sendiri.

Cara penyampaian argument

Jika argument yang sobat sapaikan sudah logis dan sesuai realita, apakah mampu membawa sobat menjadi juara? Tentu tidak. Penyampaian argument juga menjadi aspek penilaian oleh juri. Sebelum menyampaikan argument, sobat bisa menyapa juri dan audiens agar mereka mendengarkan dengan seksama argumen yang sobat sampaikan.

Baca: 8 Cara [Juara] Lomba Debat Bahasa Indonesia, No 2 Penting!

Jika sobat berada di tim pro, maka sobat bisa menambahkan kata “Kami sangat setuju dengan topik ini karena...” sebelum menyampaikan argumen. Kalimat tersebut semakin menegaskan bahwa sobat berada di tim pro yang setuju dengan topik debat saat itu.

Dan ketika di tim kontra, sobat bisa mengawali argument dengan kalimat “saya kurang setuju” atau “saya tidak setuju”. Jika ada kalimat dari tim lawan yang mampu menjadi celah sobat untuk menyanggah argument, maka sobat bisa mengatakan kalimat tersebut sebelum menyampaikan argument.

Contohnya seperti ini “Tadi anda menyampaikan bahwa Indonesia kekurangan bahan baku, padahal menurut data yang kami dapat dari Kementrian Perindustrian, menyatakan bahwa Indonesia memiliki...” Penyampaian dengan cara tersebut menunjukkan bahwa anda sangat memahami topic debat dan memerhatikan argument lawan. Jangan lupa untuk mencari data dari referensi terpercaya dan sampaikan sumber dari data tersebut agar juri yakin bahwa argument sobat sangat ilmiah.

Jangan lupa untuk bersikap sopan. Sobat bisa menyampaikan dengan tegas, namun jangan sampai terbawa emosi hingga menggedor meja. Intinya adalah, argument yang disampaikan harus logis, ilmiah, dan sesuai realita. Sampaikan dengan jelas, tegas, efektif, dan sopan.

Demikianlah ulasan mengenai Kiat Menang Lomba Debat Untuk Tim Pro dan Kontra yang dibagikan oleh Naura Iftika. Semoga dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang atau akan mempersiapkan diri dalam kompetisi debat.

Baca Juga Artikel lainnya;
  1. 8 [Cara] Menggali Potensi Dengan Menulis Opini
  2. 8 Cara Juara Lomba Akademik dan Non Akademik [Lengkap]
  3. 8+ [Cara] Juara Lomba Menulis Ide Inovatif {LKTI, Call For Paper, dan Artikel}
  4. 8 Cara [Juara] Lomba Debat Bahasa Indonesia, No 2 Penting!


EmoticonEmoticon