Kamis, 08 Juni 2017

Sharing Pengalaman Berbuah [5] Tips Menang Lomba Nulis Cerpen

Sharing Pengalaman Berbuah Tips Menang Lomba Nulis Cerpen




Cara Juara- Oke, sebelum membahas tips-tips biar lo bisa menang lomba nulis cerpen (*ala gue), gue pengen kalian tau dulu latar belakang gue. Kenapa ini penting? Soalnya gue yakin banyak banget dari kalian yang berpikir nulis itu perlu bakat; bisa dibilang semacam gift dari Yang Maha Kuasa yang dikasih sama lo semua waktu lo pada lahir.

Well, gue pribadi nggak setuju dengan itu. Gue adalah orang biasa. (*yaiyalah, siapa juga yang bilang lo superwoman). Maksud gue, gue adalah orang yang nggak punya bakat nulis sama sekali. Once again, sama sekali. Gue cuma suka nulis. Terlebih dulu waktu kecil, bokap nyokap gue seringnya justru ngikutin gue lomba-lomba gambar dan mewarnai. Nggak pernah ada namanya ngajarin, ngikutin, atau nyemplungin gue ke dunia tulis menulis.

Baca: 12 [Cara] Juara Lomba Menulis Cerpen, No 5 Penting!

So, kenapa gue bisa suka nulis? Good question! Hal ini sebenernya karena setelah beranjak gede (dalam pengertian umur bukan badan) gue mendapati gambar gue nggak sebagus itu. Yup, setelah gede, tipikel gambar gue yang kekanak-kanakan itu nggak sama sekali bisa dikatakan bagus. Mau ikutan lomba lagi, jiper duluan. Soalnya, secara umur, kategori dan lain-lain, gambaran gue nggak masuk segmenremaja apalagi dewasa.

Jadi, sebagai ‘pengganti’ gambar sebagai hobi, gue milih nulis. Walaupun tulisan gue nggak bagus, nggak mutu, enggak banget pokoknya. Gue tetep suka nulis. Nggak tau kenapa. Kaya asik aja gitu nulis yang ada dipikiran lo trus dibaca orang banyak. Sejelek-jeleknya tulisan lo, secara itu dibaca orang lain, berarti tulisan lo layak dibaca. :D (positive thinking)

Gue harap, bagi lo semua yang mikir lo butuh bakat buat nulis, buang deh jauh-jauh. Kan ada kata bijak juga, bakat tu cuma 1 persen, sisanya kerja keras, pantang menyerah dan doa. Udah gitu aja. So, jangan mikir tulisan lo jelek karena lo nggak berbakat, tulisan lo jelek karena lo jarang latihan nulis yang bisa bikin tulisan lo bagus. Udah gitu aja. Gue pribadi mulai nulis tu cerpen.

Gue lebih nyaman nulis cerpen simple-nya karena gue berusaha nulis novel tapi nggak jadi-jadi. Cerpen juga nggak butuh waktu lama (setelah gue menemukan gaya nulis dan ide yang menarik menurut gue). Singkatnya, I love cerpen. Gue nggak ahli apalagi jago. Jadi cuma suka dan Alhamdulillah dapet kesempatan menang lomba cerpen beberapa kali. Jadi, semoga tulisan ini bermanfaat buat kalian yang juga suka nulis cerpen kaya gue.

Sharing Pengalaman Lomba Cerpen


Gue menang lomba cerpen pertama gue di tahun 2014. Waktu itu, gue iseng buka-buka lomba cerpen yang ada hadiahnya (karena banyak lomba yang nggak ngasih apa-apa, dan bahkan memanfaatkan lo semua), akhirnya gue lihat ada satu lomba cerpen tentang cerita di gokil sekolah gitu. Hadiahnya lumayan buat gue waktu itu, duit 500 ribu. Gue ikut lomba itu tadinya iseng aja. Nggak punya ide juga waktu itu. Tapi, gue tertantang untuk ikut.

Singkat cerita cerpen gue terpilih sebagai 30 karya dari sekitar 300 karya (kata admin lombanya) dan dibukukan. Yeay! Kalo nggak salah, gue ada di urutan 16 waktu itu. Agak kecewa sih nggak dapet hadiah pertama, tapi gue udah cukup seneng, cerpen pertama gue bisa dibukukan. Dan, gue ketagihan. Gue semangat banget ikut lomba cerpen-cerpen lainnya. Ini pengumuman lomba waktu itu dan cover bukunya setelah terbit:





Sekitar tahun 2016 gue ikut lomba cerpen dan Alhamdulillah cerpen gue terpilih menang,. Jadi gue iseng (*tetep) ikutan karena lombanya gratis. Waktu itu temanya tentang jobseeker. Jadi tentang cerita orang-orang yang nyari kerja gitu.

Alhamdulillahnya cerpen gue terpilih sebagai 3 terfavorit. Gue seneng. Tapi hadiahnya yang berupa voucher penerbitan nggak dateng-dateng. Gue hubungin admin lombanya, malah dioper sana-sini. Well, ada salah di gue karena waktu itu males nyari tau tentang penerbit yang ngadain lomba itu. Gue sempet agak emosi karena yang ikutan lomba juga pada susah ngehubungin admin penerbitnya. Beberapa pengen ngelaporin polisi, tapi penerbitnya malah nantang balik. Parahnya, admin lomba dan admin penerbitnya ribut nggak jelas di facebook yang bikin gue illfeel mau tanya-tanya lagi. So, berdasarkan dua pengalaman gue di atas, ini tips buat lo untuk milih lomba dan menang lomba nulis cerpen:

[5] Tips Menang Lomba Nulis Cerpen


  • Pilih lomba yang temanya lo suka. Nggak langsung punya ide waktu baca lombanya nggak papa, yang penting lo suka. Ini akan memudahkan lo ngembangin ide dan bikin tulisan bagus.
  • Cari tau siapa yang bikin lombanya atau penerbitnya di Google sebelum lo mutusin ikut. Jangan sampe lo ketipu kaya gue. Cari tau alamatnya, no telponnya, alamat email, dan yang terpenting buku-buku yang udah dia terbitin. Kalo lo udah yakin penerbit yang ngadain lomba itu oke, lo boleh lanjut.
  • Jangan milih lomba yang hadiahnya nggak jelas. Lo harus bisa mikir dengan bijak, cerpen yang lo buat, tema yang simple kaya gitu contohnya, wajar atau enggak kalau hadiahnya luar biasa. Atau kalau lo emang mau nyari aman, coba ikut lomba-lomba cerpen yang diadain pemerintah (kaya kemendikbud, kemenhum, dll). Cek halaman web resmi mereka biar lombanya nggak hoax. 
  • Sesuaikan kemampuan lo dengan lomba yang lo ikutin. Ini penting. Soalnya, nggak banyak cerpenis pemula yang ikutnya langsung lomba-lomba bergengsi gitu. Nah, kalo udah nggak menang, mikirnya langsung “Gue nggak punya bakat”. Padahal, lo cuma butuh waktu buat tahu ‘standar’ cerpen yang harus lo buat biar lo menang di lomba itu. Saran gue, ikut aja dulu lomba-lomba yang biasa. Latih dulu kemampuan nulis lo, belajar lagi sebelum ikut lomba yang gedean. 
  • Baca buku. Misal lo suka Raditya Dika, Asma Nadia, atau siapa pun itu, baca aja buku-bukunya. Cari tau gimana mereka ngembangin ide, gaya bahasa apa yang mereka pake, tema apa yang mereka angkat, dan jangan bosen belajar. Jangan takut jadi plagiat, karena menurut gue ketika lo nulis, lo akan menemukan gaya lo sendiri. 
Well, itu semua bakal jadi tulisan gue doang kalo lo nggak mulai sekarang. Hehe. Udah, buka tab, tulis keywords: lomba cerpen dan selamat berkarya. Demikianlah tulisan mengenai "Sharing Pengalaman Berbuah [5] Tips Menang Lomba Nulis Cerpen " yang dibagikan oleh Diba Ratu Vidari. Semoga dapat bermanfaat dan mengispiarasi untuk segenap pembaca website lomba.
Baca Juga Artikel Cara Juara Lomba Terkait;
  1. 7+ [Cara Juara] dengan Rumus “BEGAL TAKSI”
  2. Juara Olimpiade Fisika Sampai Menjadi Teater “Pernah Aku Alami” [Inspirasi]
  3. 23+ Cara Menjadi Juara Kelas [Lengkap dan Mudah]
  4. 9 Cara Menulis Karya Tulis Ilmiah Hingga Menjadi Juara [Lengkap]

2 komentar

bener" membantu! gue mau nulis novel tapi gak kelar" :'
tapi setelah baca pengalaman lo, jadi ada motivasi :'D
thanks banget :))

Semoga bisa kelas kak, nulis novelnya. Hehehe :D


EmoticonEmoticon