Just another WordPress site
Berita  

Mengenal Burung Nuri Ara Salvadori, Burung dengan Warna Indah

Nuri Ara Salvadori merupakan salah satu jenis burung yang memiliki keindahan dari bulunya yang cantik. Burung ini memang tidak begitu terkenal dibandingkan spesies lain dari keluarga yang sama, namun kecantikan dan suara merdu nya tidak bisa diabaikan.

Di daerah lain dikenal dengan nama Nuri Ara Pipi Kuning, ini dikarenakan bagian pipinya sedikit ada warna kuning. Sedangkan dalam bahasa inggris atau nama populernya, burung yang memiliki postur kecil ini dikenal dengan nama Salvadori’s Fig Parrot.

Menurut https://kacer.co.id/, Nuri Ara Salvadori memiliki bentuk dan postur tubuh yang tidak jauh berbeda dengan Nuri jenis lain. Hanya saja pasti ada ciri khas yang menjadikannya mudah dikenal dan sekaligus menampakkan keindahannya.

Ciri Khas Nuri Ara Salvadori

Dilihat dari ciri tubuhnya, burung ini memiliki panjang sekitar 19 cm ketika usia dewasa. Rata-rata bobot yang dimiliki di kisaran 118 gram hingga 210 gram. Badannya yang sedikit gemuk dan pendek menjadi ciri khas dan sekaligus pembeda dari jenis lainnya.

Ciri lain bisa dilihat dari warnanya yang didominasi hijau. Untuk Nuri Ara Salvadori jantan ada banyak variasi warna, jadi anda tidak akan bingung membedakan antara betina dan jantan. Selain hijau, burung jantan memiliki bercak jingga di dadanya dan pipi berwarna kuning.

Habitat Dan Daerah Persebarannya

Sebagaimana burung pada umumnya, Ara Salvadori habitat aslinya di hutan. Sebagian besar berada di pedalaman hutan sehingga sulit ditemui. Namun saat ini banyak juga yang menyebar di tepi hutan, tujuannya untuk mengeksplorasi wilayah dan mencari makan.

Bahkan di daerah pedesaan sering ditemui burung ini yang mencari makan dengan kelompoknya. Namun yang jelas, kebanyakan habitatnya berada di atas ketinggian sekitar 700 Mdpl. Untuk persebarannya saat ini hanya ada kawasan Papua, tepatnya di Barat Laut.

Baca Juga :   Closed Beta Kingdom Hearts Missing Link Akan Rilis Musim Gugur 2022

Makanan Utama

Jika dilihat dari bentuk paruhnya, makanan utama burung ini sebenarnya adalah buah-buahan. Namun tidak jarang ditemui yang memakan bunga, putik, nektar, dan bagian tumbuhan lainnya. Ara Salvadori tidak pernah sendirian ketika mencari makan alias berkelompok.

Perkembangbiakan

Hingga saat ini jarang ditemui perkembangbiakan burung cantik ini di kandang. Artinya, proses perkembangbiakan berlangsung secara alami, yakni di alam liar. Pada saat berkembang biak, kebanyakan ditemui kelompok yang cukup besar.

Populasi

Penting sekali untuk menjaga dan merawat alam agar tidak merusak habitat di dalamnya. Populasi burung ini berstatus terancam punah, saat ini hanya berjumlah ribuan di alam liar. Penyebabnya tentu karena perburuan liar untuk diperjualbelikan.

Burung Nuri Ara Salvadori hanya salah satu yang populasinya terancam punah. Masih banyak burung lain yang juga mengalami nasib yang sama. Maka dari itu, mulai saat ini kita harus menjaga dan melestarikan alam, dimana pun tempatnya.